Ketua PGRI Sumsel Ahmad Zulinto. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
Ketua PGRI Sumsel Ahmad Zulinto. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

Sumsel Butuh 1.500 Guru Honorer untuk Sekolah Dasar

Nasional tenaga honorer
Gonti Hadi Wibowo • 29 Januari 2020 17:49
Palembang: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumatra Selatan menolak wacana pemerintah yang akan menghapus tenaga kerja honorer. PGRI mencatat bahwa Sumsel masih membutuhkan sekitar 1.500 tenaga guru honorer untuk Sekolah Dasar (SD).
 
"Kami menolak wacana penghapusan honorer itu karena data yang kami miliki saat ini tenaga mereka sangat dibutuhka khususnya tenaga guru honorer SD yang masih kurang signifikan mencapai 1.500 orang," kata Ketua PGRI Sumsel Ahmad Zulinto, saat dikonfirmasi, Rabu, 29 Januari 2020.
 
Zulinto mengatakan saat ini total guru honorer di Sumsel dari semua kategori berjumlah 98.646 guru dari 17 Kabupaten/Kota dengan rincian total SD sebanyak 53.508 orang, SMP 24.441 orang, SMA 13.355 orang, SMK 6.910 orang dan Sekolah Luar Biasa (SLB) 490 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Zulianto jika ingin menghapuskan tenaga honorer maka pemerintah harus mengangkat mereka menjadi Aparatur Sipil Negata (ASN) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
 
"Seharusnya guru honorer itu diangkat menjadi ASN dan bukannya malah diberhentikan saja karena mereka telah mengabdi sejak lama ada yang menjadi honorer 10 sampai 15 tahun," ungkap Zulianto.
 
Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan jika pihaknya mengerti dengan keresahan tenaga honorer terkait kabar penghapusan oleh pemerintah pusat.
 
Agar para honorer mendapat kejelasan, Pemprov Sumsel sudah memerintahkan stafnya untuk segera menyurati Menpan RB Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.
 
"Saya mau ajak semua Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) di di Sumsel untuk menghadap kedua menteri itu agar semuanya jelas karena tidak mungkin semua honorer dihapus karena kinerja mereka sangat dibutuhkan," kata Herman.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif