Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Rusli Baco Terpilih Jadi Wagub Sulteng

Nasional pemerintah daerah
08 Juli 2019 18:35
Palu: Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Rusli Baco Dg Pallabi terpilih sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Senin, 8 Juli 2019. Rusli menggantikan Sudarto, yang meninggal Oktober 2016 silam.
 
Rusli terpilih berdasarkan pemilihan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah. Sebanyak 43 anggota DPRD Sulteng menggunakan hak suaranya dalam rapat paripurna pemilihan Wagub Sulteng di ruang sidang utama Kantor DPRD Sulteng di Kota Palu, Senin, 8 Juli 2019.
 
Delapan anggota lainnya memilih Andi Mansur Pasande yang merupakan Ketua DPW Partai Bulan Bintang (DPW) Sulteng. Adapun dua anggota dari 45 anggota DPRD Sulteng tidak hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perhitungan suara dan hasil perhitungan suara selanjutnya akan diumumkan dan ditetapkan dalam keputusan DPRD Sulteng," kata Wakil Ketua DPRD Sulteng Alimudin Paada, Senin, 8 Juli 2019.
 
Baca:DPRD Sulteng Gelar Pemilihan Wakil Gubernur
 
Alimudin berharap pemerintah pusat segera melantik Rusli sebagai Wagub Sulteng agar ia segara bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas di pemerintahan di sisa masa jabatannya dua tahun ke depan.
 
"Kita usahakan berita acara pemilihan, perhitungan dan hasil perhitungan suara secepatnya kita serahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, agar secepatnya diserahkan ke Mendagri (Menteri Dalam Negeri) untuk diproses dan dilakukan pelantikan," ujarnya.
 
Sementara itu Wagub Sulteng terpilih sisa masa jabatan 2016-2021 Rusli Baco mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada anggota DPRD Sulteng yang mempercayakan kursi tersebut kepadanya.
 
"Dengan terpilihnya saya, dengan perolehan suara yang cukup signifikan 35 suara. Ini di luar dugaan saya. Tetapi saya yakin dan percaya teman-teman memberikan kepercayaan kepada saya tentu dengan beberapa pertimbangan," katanya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif