Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Berkas Kasus Tenggelamnya KM Nusa Kenari 2 Dilimpahkan Besok

Nasional kapal tenggelam
Antara • 25 Juli 2019 14:55
Kupang: Kepolisian Perairan Polda Nusa Tenggara Timur menyatakan kasus tenggelamnya KM Nusa Kenari 2 yang mengakibatkan tujuh orang meninggal segera masuk tahap P-21. Penyidik segera menyerahkan berkas ke jaksa untuk diperiksa dan dinyatakan lengkap.
 
"Paling lambat besok sudah diserahkan berkasnya kejaksaann untuk diperiksa lagi," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast, di Kupang, Kamis, 25 Juli 2019.
 
Dia menerangkan KM Nusa Kenari 2 yang tenggelam di Tanjung Margeta, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, NTT, ternyata tidak mengantongi izin berlayar dari syahbandar Kalabahi, NTT. Jules menambahkan pengemudi kapal bernama Peterson Plaituka telah ditetapkan sebagai tersangka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dirinya ditetapkan sebagai tersangka karena memang selain kapal itu tak memiliki izin berlayar, tetapi juga dirinya tak memiliki surat izin untuk mengemudikan kapal," tambahnya.
 
Baca:Tenggelamnya KM Kenari 2 Diduga Kelebihan Penumpang
 
Dia menegaskan pihaknya masih mengembangkan kasus tenggelamnya KM Nusa Kenari 2. Dia belum bisa memastikan bakal ada tersangka baru dalam kasus tersebut.
 
Kapal berbobot 23 GT itu bertolak dari Pelabuhan Kalabahi, Kabupaten Alor, Sabtu, 15 Juni 2019, pukul 01.30 WITA, dengan tujuan Desa Mademang, Kecamatan Purnamam, Kabupaten Alor.
 
Kapal Nusa Kenari 2 dengan empat anak buah kapal, mengangkut 48 penumpang disertai pula dengan semen, beras, serta bahan bakar minyak. Dalam pelayaran, kapal itu dihantam gelombang sehingga tenggelam di perairan Tanjung Margeta pada Sabtu, 15 Juni, sekitar pukul 05.00 WITA.
 
Baca:Polda NTT Tetapkan Tersangka Insiden KM Nusa Kenari 2
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif