Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Karhutla Merembet ke Permukiman Warga

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Denny S • 22 Oktober 2019 13:36
Banjarmasin: Kebakaran lahan pertanian di Desa Malintang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, meluas dan merembet ke areal permukiman warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan mencatat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut mencapai 6.145 hektare.
 
"Pelaku pembakaran lahan harus bertanggung jawab karena menimbulkan kerugian yang begitu besar," ujar Kepala BPBD Kalsel Wahyudin Ujud, Selasa, 22 Oktober 2019.
 
Kebakaran yang melanda lahan pertanian warga di Desa Malintang meluas dan ikut menghanguskan lima rumah warga dan satu toko, pada Selasa, 22 Oktober 2019. Tim Tagana Kalsel bersama Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dikerahkan untuk memadamkan api yang berlangsung sejak pagi hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah kejadian kebakaran hutan dan lahan sudah jauh berkurang tetapi kebakaran saat ini banyak terjadi di areal pertanian akibat kegiatan pembersihan lahan oleh petani," imbuhnya.
 
Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kalsel luas karhutla mencapai 6.145,73 hektare hingga kini. Jumlah titik api menurut pantauan satelit NOAA sebanyak 780 titik api, dan pantauan satelit aqua terra sebanyak 994 titik api.
 
Tercatat jumlah kejadian kebakaran di kawasan hutan 58 kali dengan luas hutan terbakar sekitar 250 hektare. Karhutla terparah terjadi di Kabupaten Banjar seluas 1.199 hektare, Kabupaten Tanah Laut 1.188 hektare, Kabupaten Tapin 927 hektare dan Kota Banjarbaru 528 hektare.
 
Adapun jumlah kejadian kebakaran hutan dan lahan mencapai hampir 2.000 kali peristiwa kebakaran. Selain karhutla sejumlah wilayah Kalsel juga mengalami bencana kekeringan di kawasan pesisir di Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Kotabaru.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif