Miniatur gedung baru DPRD Jateng. Foto: Medcom.id/ Mustholih
Miniatur gedung baru DPRD Jateng. Foto: Medcom.id/ Mustholih

Perombakan Ruang Rapat DPRD Jateng Mencapai Rp400 juta

Nasional dprd
Mustholih • 05 September 2019 18:30
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan dana mencapai Rp400 juta untuk merombak sejumlah ruangan di Gedung DPRD Jateng. Perombakan dilakukan karena jumlah anggota DPRD Jateng bertambah 20 orang.
 
"Kita maksimalkan anggaran yang ada saja. Tidak ada sampai Rp400 juta. Detail anggarannya saya tidak hapal," kata Sekretaris DPRD Jawa Tengah, Urip Sihabudin, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 5 September 2019.
 
Urip menerangkan Anggota DPRD Jateng periode 2019-2024 berjumlah 120 orang. Periode sebelumnya, Anggota DPRD Jateng hanya berjumlah 100 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena ada penambahan jumlah anggota, Urip menyatakan, harus merombak beberapa ruangan DPRD Jateng. Sekarang, kata Urip, Sekretariat Dewan sudah menata ulang meja ruang rapat paripurna DPRD Jateng.
"Paripurna kan sudah permanen, sehingga saya tata meja tambahan 20 orang. kita kecikkan space, tapi masih bisa buat bergerak," tegas Urip.
 
Penataan ulang meja dilakukan di ruangan komisi DPRD Jateng. Dia menilai luas ruang komisi DPRD Jateng sangat terbatas.
 
"Jadi yang diubah penataan meja. Karena tambah meja pun enggak bisa. Agar anggota duduk nyaman," jelasnya.
 
Perombakan cukup besar dilakukan di ruang fraksi, terutama Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ruang fraksi dua partai diperluas dengan cara menjebol dinding.
 
"Fraksi PDI-Perjuangan tambahnya banyak, kemarin kita longgarkan. Dari estetika enggak bagus tapi masih nyaman. PKB juga begitu," bebernya.
 
Sementara itu, Urip berharap pembangunan gedung baru DPRD Jateng rampung Mei 2020. Sedangkan gedung lama DPRD Jateng difungsikan sebagai ruang paripurna, ruang pelayanan, dan ruang komisi.
 
"Gedung baru nanti sebelas lantai. Beberapa lantai untuk BPKAD dan DPRD Jateng termasuk ruang parkir dua lantai," tpungkasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif