Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan.
Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan.

Fadli Zon Sentil Ridwan Kamil soal Pemindahan Ibu Kota

Nasional ridwan kamil Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat
Roni Kurniawan • 02 September 2019 18:50
Bandung: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai pemindahan Ibu Kota Jawa Barat belum diperlukan. Dia menyebut ada hal penting lain yang harus dipikirkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketimbang memindahkan ibu kota.
 
"Urgensinya untuk masyarakat masih hal-hal pokok dasar, masalah pangan, energi, sumber daya manusia, dan masalah kehidupan yang layak," ujar Fadli usai pelantikan DPRD Jabar periode 2019-2024 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin, 2 September 2019.
 
Politikus Gerindra itu menuturkan Jabar masih memiliki berbagai masalah dasar di masyarakat. Seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, jaminan hari tua, dan sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan, untuk memindahkan pusat pemerintahan dan ibu kota, membutuhkan anggaran yang sangat besar. Ia menyarankan Pemprov Jabar fokus menjalankan program yang telah dicetuskan Ridwan Kamil dan wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum.
 
"Tidak terlalu urgent untuk saat ini. Artinya, kecuali kita lagi kebanyakan uang dan sebagainya, kita bisa pindah. Tapi, kalau uangnya saja masih ngutang masa mau pindah," tegas dia.
 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana memindahkan Ibu Kota Jawa Barat dari Bandung. Rencana pemindahan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat sudah melalui proses dan kajian komprehensif termasuk dengan tiga kandidat lokasi yakni Tegalluar (Kabupaten Bandung), Walini (Kabupaten Bandung Barat), dan Segi Tiga Rebana (Kabupaten Majalengka).
 
Ridwan Kamil mengaku wacana pemindahan Ibu Kota Jabar telah sampai tahap pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII. Dalam rapat itu terdapat beberapa kesepakatan antara lain penataan jalur transportasi dan wacana pemindahan pusat Pemerintah Jawa Barat.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif