ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Uji Klinis Fase 3 Ditargetkan Pekan Ini

Nasional Riset dan Penelitian vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19
Roni Kurniawan • 14 Oktober 2020 19:04
Bandung: Tim uji klinis fase III vaksin covid-19 dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung menargetkan penyuntikan dosis pertama rampung pada pekan ini. Hingga kini sebanyak 55 subjek yang tersisa untuk dilakukan penyuntikan dosis pertama guna melengkapi kuota 1.620.
 
"Hari Jumat (16 Oktober) akan dilakukan penyuntikan terhadap 55 subjek untuk melengkapi 1.620 jumlah relawan," kata Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin covid-19 Unpad, Eddy Fadlyana, saat dihubungi, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Baca: Vaksin Covid-19 Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi Nasional

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eddy menuturkan hingga kini sudah 1.072 relawan yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua (V2). Bahkan sebanyak 483 di antaranya telah menjalani pengambilan darah usai penyuntikan kedua atau telah masuk dalam fase pemantauan.
 
"Umumnya baik, tidak ada keluhan yang berkaitan dengan vaksin. Ada beberapa yang melaporkan tapi tidak berhubungan dengan vaksin, seperti sakit asma, alergi, rematik. Jadi secara umum baik," jelasnya.
 
Sementara Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin covid-19 dari Unpad, Kusnandi Rusmil, mengatakan para relawan yang telah menjadi subjek dan mendapatkan penyuntikan baik pertama atau kedua agar tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
"Harus tetap menjaga protokol kesehatan kemana pun pergi meski telah disuntik baik sekali atau pun dua kali," ujar Kusnandi.
 
Kusnandi tidak melarang subjek untuk berpergian ke luar kota. Namun subjek wajib datang ke tempat yang telah ditunjuk melaksanakan uji klinis jika diperlukan atau saat melakukan jadwal kunjungan.
 
"Makanya itu, relawannya dari Bandung. Kalau dari luar, pas butuh nanti susah datangnya. Apalagi kalau pergi ke zona merah, harus segera melaporkan untuk diperiksa," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif