Sejumlah aparatur desa dan kecamatan mengikuti rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana alam di wilayah pesisir pantai selatan Garut. (Foto: ANTARA/Istimewa)
Sejumlah aparatur desa dan kecamatan mengikuti rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana alam di wilayah pesisir pantai selatan Garut. (Foto: ANTARA/Istimewa)

Pemkab Garut Ingatkan Desa Sepanjang Pantai Waspada Tsunami

Nasional tsunami bencana alam
Antara • 02 Oktober 2020 20:44
Garut: Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengingatkan seluruh aparatur desa sepanjang pantai selatan Garut agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami di laut selatan Jawa untuk meminimalisasi risiko dampak dari bencana tersebut.
 
"Mengingatkan agar tetap waspada akan adanya bencana alam di negara wilayah kita," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, melansir Antara, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Instruksi tersebut, ujar Helmi, merupakan tindak lanjut hasil riset para ahli Institut Teknologi Bandung (ITB), bahwa akan ada potensi gempa bumi yang dapat memicu tsunami hingga 20 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Jelang Musim Hujan, 3 Desa di Kuningan Justru Kekeringan
 
Hasil riset para ahli itu, menjadi perhatian serius Pemkab Garut sehingga harus dilakukan sosialisasi terkait mitigasi bencana alam bagi aparatur pemerintah kecamatan maupun desa di wilayah pesisir pantai selatan Garut.
 
"Ada tujuh kecamatan dan 22 desa di wilayah pesisir selatan," kata Helmi.
 
Ia menyebutkan, tujuh kecamatan itu yakni Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Caringin, Mekarmukti, Pakenjeng, dan Bungbulang yang wilayahnya memiliki potensi bencana alam. Helmi berharap ancaman bencana itu diwaspadai dan bersiap melakukan langkah mitigasi untuk mengurangi risiko bencana alam.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif