Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat memperlihatkan produk UMKM, cokelat dodol di gerai Foodhall Oleh-Oleh Umi, Stasiun Bandung, Minggu, 24 April 2022.
Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat memperlihatkan produk UMKM, cokelat dodol di gerai Foodhall Oleh-Oleh Umi, Stasiun Bandung, Minggu, 24 April 2022.

Pemudik Didorong Belanjakan Uang ke Sektor UMKM

Nasional Mudik Lebaran UMKM Jawa Barat Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Roni Kurniawan • 24 April 2022 20:35
Bandung: Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) memberikan ruang bagi para pelaku UMKM di Jawa Barat untuk turut andil memanfaatkan momen Lebaran 2022. Para UMKM diberikan kesempatan untuk menjajakan produknya di Foodhall Oleh-Oleh, Stasiun Bandung, Jawa Barat, sejak 21 - 27 April 2022.
 
Menurut Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM, Eddy Satriya, mudik Lebaran ini menjadi momen bagi para UMKM untuk bangkit setelah gulung tikar selama dua tahun di masa pandemi covid-19. Terlebih Lebaran tahun ini, pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik dan diharapkan membeli produk UMKM sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman.
 
"Inikan kesempatan besar karena bagaimana pun juga, Insyaallah penduduk Indonesia itu sudah banyak tabungan setelah dua tahun tidak mudik. Artinya mereka juga tentu punya persiapan lebih dari biasanya. Harapannya tentu saja ini juga pengeluaran spending mereka itu disamping akomodasi, ada juga buat oleh-oleh yang berasal dari UMKM," ujar Eddy kepada Medcom.id usai meninjau gerai Foodhall Ole Ole Umi di halaman Stasiun Bandung, Minggu, 24 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 62 Ribu Pramuka di Jabar Dikerahkan untuk Bantu Penanganan Mudik
 
Eddy mengaku, selain di Stasiun Bandung ada beberapa tempat lainnya yang siap mewadahi para pelaku UMKM di momen mudik Lebaran seperti di rest area tol wilayah Jabar dan Jateng. Ia berharap, di momen Lebaran saat ini bisa membangkitkan para pelaku UMKM yang saat ini berjumlah sekitar 64 juta.
 
"Tentu kami berharap, momen mudik ini bisa membangkitkan UMKM," tegasnya.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, para pelaku UMKM yang terpilih dalam program tersebut yakni yang telah lolos dari kurasi. Produk yang dihadirkan pun berbagai macam seperti minuman kesehatan dari jahe, jeruk nipis dalam kemasan, cilok serta fesyen.
 
"Dari berbagai macam bidang ada makanan, fesyen dan pernak pernik lainnya. Jadi saya berharap ini adalah momentum kita bersama untuk kembali bangkit. UMKM kita ini selama masa pandemi Covid-19 banyak yang goyah," kata Atalia ditempat yang sama.
 
Terlebih diakui Atalia, daya beli masyarakat terhadap produk UMKM masih menurun. Sehingga mudik Lebaran ini menjadi momen bagi para pelaku UMKM untuk unjuk gigi.
 
"Jadi buat warga masyadakat, yang mau mudik beli oleh-olehnya produk UMKM, karena berbagai macam produk ada. Mau makanan, fesyen, dan ole-ole lainnya," ajak Atalia. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif