Tinggi Gelombang Laut Papua Capai Empat Meter
Ilustrasi gelombang tinggi. Medcom.id /Kuntoro Tayubi
Biak: Nelayan di Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengurangi aktivitas penangkapan ikan di laut karena cuaca buruk. Gelombang laut di sekitar Bumi Cenderawasih mencapai 2,5-4 meter. 

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) kelas 1 Bandara Frans Kaiisepo Biak menginformasikan tinggi gelombang laut di perairan Talud, Samudera Pasifik sampai Papua, sangat tinggi.  Kondisi ini diakui nelayan yang terpaksa bertahan di darat karena ancama gelombang tinggi.

"Gelombang laut di perairan Biak sejak beberapa hari terakhir sangat tinggi di atas 2,5 meter. Banyak nelayan tidak bisa melaut karena derasnya angin dan gelombang tinggi," ungkap Yosef, seorang nelayan lokal Biak, seperti yang dilansir Antara, Sabtu, 27 Oktober


Pantauan Antara di sepanjang perairan pantai Tiptop dan perairan Teluk Cenderawasih pada pukul 09.00 WIT, Gelombang laut tampak sangat tinggi dan cuaca disertai angin kencang. Banyak kapal nelayan tertambat di Pelabuhan Tiptop karena takut terbawa arus.

"Sebagian besar perahu nelayan dan kapal motor diparkir atau sandar di Pelabuhan Tiptop karena derasnya arus gelombang laut," ujar salah seorang petugas Pos Polisi Air.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id