Ilustrasi gempa. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi gempa. Medcom.id/M Rizal

Gempa Susulan Tak Ganggu Aktivitas Warga Talaud

Nasional gempa bumi
Mulyadi Pontororing • 30 Desember 2018 08:42
Manado: Warga Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, sudah beraktivitas seperti biasa pascagempa bermagnitudo 7,1 skala Richter (SR) di Filipina pada Sabtu, 29 Desember 2018. Warga tak terganggu meski sempat terjadi empat kali gempa susulan berkekuatan cukup besar hingga Sabtu malam.

Tak ada kepanikan yang timbul akibat gempa susulan tersebut. "Kami sudah informasikan ke pihak pemerintah dan aparat keamanan di sana soal informasi gempa susulan dan tak ada kepanikan warga," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henrry Mengko kepada Medcom.id.

Warga sempat merasakan beberapa gempa susulan yang tercatat cukup besar. Namun, situasi tetap kondusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Hanya pada gempa susulan keempat sudah tidak dirasakan warga," ujarnya. Pihaknya belum menerima laporan kerusakan atau korban sejak terjadi gempa pertama. Namun, Edward meminta warga tetap waspada dan tidak mudah percaya informasi dari pihak yang tak bertanggung jawab.

"Tetap waspada dan mendengarkan imbauan-imbauan pemerintah atau pihak-pihak terkait," pungkasnya.

Baca:Talaud Rasakan Gempa Susulan di Filipina

Sedikitnya empat kali gempa susulan tercatat di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pascagempa bermagnitudo 7,1 skala Richter (SR) yang terjadi pada Sabtu, 29 Desember 2018.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henrry Mengko, menyebut gempa susulan terjadi beberapa jam setelah gempa pertama dan tidak berpotensi tsunami.


(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi