Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

BPBD Kota Yogyakarta Awasi Bantaran Sungai

Nasional banjir
Patricia Vicka • 19 November 2019 14:07
Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewaspadai sejumlah wilayah di bantaran sungai memasuki musim penghujan. Kondisi talud dan tanggul di sungai menjadi perhatian utama BPBD.
 
Kepala BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi mengatakan pihaknya memfokuskan pencegahan bencana di sekitar kali Code. Pasalnya, kali Code berpotensi terjadi banjir lahar dari Gunung Merapi jika hujan lebat turun.
 
"Sungai Code itu kan hulunya adalah kali Boyong. Aliran lahar Merapi akan mengalir ke sungai Boyong kalau hujan," ujar Hari, di Yogyakarta, Selasa, 19 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain kali Code, BPBD turut melakukan pengawasn ke kali Winogo dan Gajah Wong. Hingga kini, kata Hari, belum terlihat talud yang rusak atau retak. Pihaknya akan segera berkordinasi dengan Balai Besar Wilayah Serayu-Opak (BBWSO) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) jika menemukan kerusakan pada tanggul dan talud.
 
"Masih ada satu talud yang tengah diperbaiki. Harapannya sudah selesai sebelum musim hujan turun," kata dia.
 
BPBD mengimbau masyarakat waspada pada tanda-tanda longsor di bantaran sungai di antaranya munculnya retakan atau rekahan pada tanah atau tebing.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif