Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni K)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni K)

5 Wilayah Jabar Keluarkan Status Tanggap Darurat

Nasional banjir jakarta
Roni Kurniawan • 03 Januari 2020 13:23
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengeluarkan status tanggap darurat menyusul bencana banjir dan longsor yang terjadi. Status tersebut berlaku selama lima hingga tujuh hari kedepan sejak diteken pada Kamis, 2 Januari 2020.
 
Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, status tanggap darurat berlaku bagi lima wilayah di Jabar. Yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, dan Karawang.
 
"Kita fokus pada situasi tanggap darurat. Kemarin saya sudah menandatangani surat penetapan tanggap darurat untuk lima wilayah," ujar Emil di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Bencana (DP3AKB) Jabar, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Jumat, 3 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov Jabar telah menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk lima wilayah tersebut. Bantuan tersebut untuk mempercepat penanganan dan pemulihan di wilayah terdampak bencana.
 
"Dengan adanya status tanggap darurat maka kita akan memberikan bantuan mungkin sekitar lima atau enam miliar rupiah kepada daerah-daerah tersebut untuk perbaikan dan pertolongan tanggap darurat," ungkapnya.
 
Status tanggap darurat diprediksi Emil berlangsung hingga sepekan kedepan. Namun status tersebut akan dicabut jika cuaca dan kondisi di Jabar kembali normal berdasarkan BMKG dan BNPB.
 
"Biasanya dua minggu, karena cuaca ekstrem ini masih akan terjadi hingga lima sampai tujuh hari kedepan kira-kira begitu," tegas Emil.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif