Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, meninjau lahan lokasi pembangunan kolam retensi di Jalan Bima, Cicendo, Senin, 27 Januari 2020. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, meninjau lahan lokasi pembangunan kolam retensi di Jalan Bima, Cicendo, Senin, 27 Januari 2020. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Bandung Perbanyak Kolam Retensi untuk Tangani Banjir

Nasional bencana banjir
Roni Kurniawan • 27 Januari 2020 19:58
Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana kembali menambah kolam retensi sebagai upaya menangani banjir. Kali ini Pemkot Bandung akan membangunnya di Jalan Bima, Kecamatan Cicendo guna menahan luapan aliran air Sungai Citepus.
 
"Insyaallah kita terus mengurangi dampak dari luapan sungai Citepus. Kamis ini kita mulai pembangunan. Mudah-mudahan dalam jangka waktu dua bulan sudah rampung," kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, usai meninjau lokasi kesiapan lahan di Cicendo, Senin, 27 Januari 2020.
 
Yana menjelaskan kolam retensi baru ini akan memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman tiga meter. luas tersebut diharapkan mampu menampung air dari luapan aliran sungai Citepus agar tidak merambah ke pemukiman warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan luas tersebut, semoga dapat menjadi parkir air yang baik," jelas Yana.
 
Sebelumnya Pemkot Bandung telah membangun kolam retensi di kawasan Sirnaraga, Cicendo pada 2019 silam. Kolam retensi tersebut pun dibangun untuk menangani banjir yang kerap terjadi di kawasan Pajajaran, Bandung ketika musim hujan.
 
Kolam retensi Sirnaraga dibangun di atas lahan 1.792 meter persegi itu mampu menampung air hingga 3.335,26 meterpersegi. Air yang melewati Sungai Citepus ditampung sementara sehingga tidak langsung mengalir ke hilir.
 
Yana menegaskan pembuatan kolam retensi ini bukan hanya upaya Pemkot Bandung dalam mengatasi masalah genangan air. Tapi juga sekaligus memaksimalkan fungsi lahan aset milik Pemkot selain menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
"Ini merupakan optimalisasi aset, jadi RTH-nya tidak berkurang. Fungsinya bertambah, selain kolam retensi sebagai parkir air, kita juga tetap menjadi RTH," pungkas Yana.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif