Warga mencari barang berharga dalam puing rumahnya yang dibakar saat terjadi kericuhan antar warga di dua desa di Desa Gunung Jaya, Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (8/6/2019). ANTARA FOTO/Fadli.
Warga mencari barang berharga dalam puing rumahnya yang dibakar saat terjadi kericuhan antar warga di dua desa di Desa Gunung Jaya, Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (8/6/2019). ANTARA FOTO/Fadli.

Korban Konflik Buton Dapat Bantuan Rp2,9 Miliar

Nasional tawuran desa
Antara • 12 Juli 2019 14:38
Jakarta: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bantuan sosial senilai Rp2,9 miliar kepada korban bencana sosial yang terjadi akibat kerusuhan di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.
 
Agus secara simbolis menyerahkan bantuan itu kepada Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi disaksikan oleh Bupati Buton La Bakri, Kepala Desa Gunung Jaya, tokoh agama dan adat Desa Gunung Jaya, tokoh pemuda Desa Gunung Jaya, Kepala Desa Sampuabalo, tokoh adat dan agama Desa Sampuabalo, dan tokoh pemuda Desa Sampuabalo.
 
"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat dan warga kedua desa kembali dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai," kata Agus di Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menjelaskan sebelum menyerahkan bantuan, pihaknya melakukan pertemuan dengan perangkat dan tokoh masyarakat dari kedua desa yang berkonflik. Menurut Agus bantuan sosial untuk korban kerusuhan di Kecamatan Siotapina disalurkan dalam dua tahap.
 
Bantuan yang disalurkan pada tahap pertama terdiri atas santunan ahli waris untuk dua korban meninggal dan bantuan logistik senilai Rp973.349.625. Pada tahap kedua pemerintah menyalurkan bantuan bahan bangunan rumah, bantuan isi hunian sementara, bantuan usaha ekonomi produktif, bantuan keserasian sosial, dan bantuan kearifan lokal dengan nilai total Rp1.918.000.000.
 
Agus kembali mengatakan perlindungan sosial korban bencana, baik bencana alam maupun sosial, merupakan tanggung jawab pemerintah. Upaya perlindungan sosial antara lain dilakukan melalui pemberian bantuan sosial.
 
"Ini sekaligus merupakan bentuk hadirnya negara bagi warga yang menjadi korban bencana sosial," pungkas Agus.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif