Bupati Malang, Sanusi (kiri) bersama Ketua HIPMI Kabupaten Malang, Hendik Purbaya usai menghadiri Pelantikan HIPMI Kabupaten Malang, Kamis 7 November 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Bupati Malang, Sanusi (kiri) bersama Ketua HIPMI Kabupaten Malang, Hendik Purbaya usai menghadiri Pelantikan HIPMI Kabupaten Malang, Kamis 7 November 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Pemkab Malang Pastikan Tidak Ada Desa Fiktif di Wilayahnya

Nasional dana desa
Daviq Umar Al Faruq • 07 November 2019 19:03
Malang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memastikan tidak ada desa fiktif di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Malang, Sanusi.
 
"Di Malang tidak ada. Kalau di Malang saya pastikan tidak ada desa siluman," kata Sanusi usai menghadiri Pelantikan HIPMI Kabupaten Malang, Kamis, 7 November 2019.
 
Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut banyak desa fiktif bermunculan akibat besarnya alokasi dana desa dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menanggapi itu Sanusi menegaskan bahwa Pemkab Malang selama ini telah melakukan pengawasan ketat terhadap pengelolaan dana desa.
 
"Kita untuk pengawasan sudah mengikuti aturan dari pusat. Kita kerjasama untuk internalnya dari inspektorat dan untuk eksternal nya dari kepolisian dan kejaksaan, sama-sama mengawasi," jelas Sanusi.
 
Bentuk pengawasan yang dilakukan Pemkab Malang, salah satunya dengan menggelar pembinaan, monitoring dan evaluasi serta pengawasan keuangan desa tahun anggaran 2019 di Pendopo Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu.
 
Kegiatan tersebut membahas mengenai evaluasi dan pengawasan keuangan desa tahun anggaran 2019. Selain itu Pemkab Malang juga mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar mempergunakan dana desa dan alokasi dana desa dengan sejujur-jujurnya.
 
"Semua kepala desa sudah kita kasih pencerahan melalui pengarahan-pengarahan dan diklat yang dulu kita lakukan," beber Sanusi.
 
Disisi lain Sanusi menjelaskan bahwa Pemkab Malang selalu di evaluasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Dan kita setiap tahun mendapat predikat WTP, sudah 5 tahun," pungkas Sanusi.
 
Sebagai informasi Kabupaten Malang memiliki 378 desa dari 33 kecamatan. Salah satu desa yang sukses mengelola dana desa ialah Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon. Berkat dana fesa yang dikucurkan pemerintah pusat sejak 2015 lalu, desa yang awalnya tak begitu dikenal masyarakat itu kini disulap menjadi desa wisata.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif