Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019). ANTARA FOTO/Oheo Sakti
Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019). ANTARA FOTO/Oheo Sakti

Pengungsi Banjir di Konawe Utara Mencapai 7.513 Jiwa

Nasional longsor bencana longsor bencana banjir
ant • 14 Juni 2019 19:36
Wanggudu: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebut jumlah pengungsi akibat banjir yang melanda daerah itu mencapai 7.513 jiwa. Sementara jumlah rumah yang rusak sebanyak 202 unit.
 
"Kalau jumlah kepala keluarga yang terdampak secara keseluruhan sebanyak 1.905 kepala keluarga (KK) atau 7.513 jiwa," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara Djasmiddin, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Ia juga menyebutkan sebanyak 1.703 unit rumah, lima masjid, empat Puskesmas dan tiga pasar tradisional terendam banjir. Bahkan empat jembatan tidak bisa diakses.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedangkan untuk sekolah dasar yang kami data sebanyak delapan unit terendam, dan tiga unit SMP juga terendam," katanya.
 
Menurut Djasmiddin, banjir di Konawe Utara diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda daerah itu pada 1-2 Juni 2019. Hal iu menyebabkan tiga sungai meluap yakni Sungai Lalindu, Sungai Walasolo, dan Sungai Wandambali.
 
"Akibatnya enam kecamatan terendam yakni Kewcamatan Andowia, Kecamtan Asera, Kecamatan Okeo, Kecamatan Landawe, Kecamatan Wiwirani dan Kecamatan Langgikima.
 
Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mengeluarkan status tanggap darurat selama 14 hari terhitung 2 juni sampai 16 juini 2019.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif