Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Foto: Istimewa)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Foto: Istimewa)

Wali Kota Solo Minta Warga Tak Beli Terompet Tahun Baru

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Triawati Prihatsari • 23 Desember 2020 15:23
Solo: Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo melarang warganya membeli terompet untuk memperingati malam Tahun Baru 2021. Pasalnya, terompet dinilai memiliki potensi besar penularan covid-19.
 
"Perayaan tahun baru saja enggak boleh, untuk apa terompet? Ya, dilarang beli. Tapi belum dilarang saja saya yakin warga sudah sadar bagaimana potensi penularan covid-19 lewat terompet," ujarnya, di Solo, Rabu, 23 Desember 2020.
 
Tak hanya itu, Rudy juga melarang penjual terompet menjajakan dagangannya di wilayah Kota Solo. Namun demikian, dirinya tidak menerapkan sanksi jika ada pedagang terompet nekat berjualan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Seluruh Objek Wisata di Jepara Ditutup Selama Libur Nataru
 
Rudy menekankan agar warganya lebih waspada mengingat Kota Solo kembali masuk dalam kategori zona merah covid-19. 
 
"Saya yakin warga sudah sadar. Sebelum kita larang dan kita beritahu untuk tidak membeli terompet, mereka sudah sadar potensi penularannya. Karena kan dari proses pembuatan hingga jual belinya selalu dicoba ditiup orang lain. Di sini lah potensi penularan ada karena dropletnya sudah menempel," ungkap dia.
 
Sementara itu, jumlah kasus positif covid-19 di Solo berada di angka 4.100 orang per Selasa, 22 Desember 2020. Dari jumlah tersebut, pasien tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.223 orang.
 
Sedangkan 2.463 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 207 orang lain menjalani perawatan di RS dan 207 orang sisanya meninggal.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif