Petugas dari Dinas Kesehatan Sumsel sedang membawa vaksin Sinovac ke gudang penyimpanan, Senin 4 Januari 2021. Foto: Istimewa
Petugas dari Dinas Kesehatan Sumsel sedang membawa vaksin Sinovac ke gudang penyimpanan, Senin 4 Januari 2021. Foto: Istimewa

412 Faskes di Sumsel Disiapkan untuk Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19
Gonti Hadi Wibowo • 07 Januari 2021 14:34
Palembang: Sebanyak 412 fasilitas kesehatan (Faskes) di Sumatra Selatan disiapkan untuk vaksinasi covid-19. Rinciannya yakni 341 puskesmas dan klinik serta 71 rumah sakit.
 
"412 faskes yang tersebar di Sumsel itu telah memenuhi kriteria sebagai tempat penyelenggara vaksinasi covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Lesty Nuraini, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Lesty mengatakan Faskes yang dipilih tersebut telah memiliki alat penyimpanan vaksin dengan suhu 2-8 derajat celsius. Sehingga saat kedatangan vaksin ke Kabupaten dan Kota dipastikan tidak akan mengalami kerusakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pihaknya juga telah mendapatkan bantuan alat pendingin vaksin dari Kementerian Kesehatan sebanyak 25 unit.
 
Baca juga: Tak Naikan Harga, Perajin Tempe di Pontianak Kurangi Bobot
 
"Rencananya vaksinasi dimulai 14 Januari 2021 sembari menunggu arahan dari pemerintah pusat," ujarnya.
 
Lesty menerangkan terus berkoordinasi dengan Dinkes di 17 Kabupaten dan Kota di Sumsel untuk persiapan vaksinasi. Sebanyak 2.550 orang tenaga kesehatan disiapkan untuk dilatih melakukan penyuntikan vaksin. 
 
"Penyaluran vaksin tahap pertama di Sumsel berjumlah 30 ribu dosis. Akan disebar ke tujuh kabupaten yakni Palembang, Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Prabumulih," terang Lesty.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif