NEWSTICKER
Polres Kulon Progo menunjukkan dua mobil yang berpacu kecepatan dan sempat ramai di media sosial, Rabu, 19 Februari 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Polres Kulon Progo menunjukkan dua mobil yang berpacu kecepatan dan sempat ramai di media sosial, Rabu, 19 Februari 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Dua Pengemudi Mobil Ditilang karena Ngebut di Underpass YIA

Nasional pelanggaran lalu lintas
Ahmad Mustaqim • 19 Februari 2020 14:06
Kulon Progo: Polres Kulon Progo menilang dua pengendara mobil yang kebut-kebutan di underpass Yogyakarta International Airport, sekitar pukul 00.30 WIB, Minggu, 16 Februari 2010. Aksi keduanya menaiki mobil dengan nomor polisi AA 7087 QK dan AB 1409 TI direkam kamera dan viral di media sosial.
 
"Pengemudi mobil mengakui benar soal kejadian itu. Ada dua pengemudi, dan satu rekannya yang merekam," kata Kapolres Kulon Progo, Ajun Komisaris Besar Tartono, di Mapolres Kulon Progo, Rabu, 19 Februari 2010.
 
Tartono menjelaskan dua pengemudi tersebut yakni Budi, 24, dan Ahlun, 25. Adapun sang perekam yakni Kdj atau biasa dipanggil Boy. Pengakuan Kdj ke polisi, dua mobil berpacu kecepatan itu sengaja dibuat video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia kelompok otomotif ini hendak mempromosikan dua wisata Kulon Progo dalam acara kelompok mobil di Jawa Timur."Pengakuannya untuk persiapan kegiatan yang akan diadakan acara di Jawa timur. Latar belakangnya untuk mempromosikan wisata Kulon Progo dalam acara yang akan dilakukan di Kediri dan di Malang," jelas Tartono.
 
Tartono menyebut para pengendara itu belum tahu teknis memakai fasilitas umum untuk kegiatan. Ia mengimbau kepada masyarakat apabila akan ada kegiatan bisa memberitahukan kepada polisi.
 
"Kita akan amankan, kita tertibkan semua. Tapi kalau tidak memenuhi ketentuan, tidak boleh," ungkap Tartono
 
Kasat Lantas Polres Kulon Progo, Ajun Komisaris Didik Purwanto, mengatakan pihaknya menilang dua pengendara tersebut karena melanggar tiga pasal dalam Undang-undang Lalu Lintas.
 
Pertama yakni Pasal 287 tentang berhenti dan parkir tak sesuai ketentuan. Kemudian Pasal 285 tentang pelanggaran persyaratan kendaraan tak laik jalan, dalam hal ini penggunaan knalpot tidak sesuai standar, dan Pasal 289 pelanggaran tidak mengenakan sabuk keselamatan.
 
"Di sana (underpass YIA) ada ketentuan juga kecapatan maksimal 40 kilometer per jam. Dilarang berhenti atau parkir di underpass, kecuali darurat. Pelanggaran ini akan disidangkan di pengadilan," kata Didik.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif