NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Khofifah Tambah 18 RS Rujukan Pasien Korona

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 20 Maret 2020 16:35
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menambah 18 rumah sakit (RS) rujukan pasien korona covid-19. Jika sebelumnya hanya 44 RS, kini total sebanyak 62 RS tersebar di Jatim.
 
"Kita tambah menjadi 62 rumah sakit rujukan, yang juga akan menyiapkan layanan dengan ruang isolasi," kata Khofifah, di Surabaya, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Khofifah menjelaskan dengan bertambahnya RS rujukan, maka ruang isolasi untuk pasien korona otomatis akan bertambah. Salah satunya RS baru yang belum beroperasi seperti di Malang dan Madiun, dinyatakan siap untuk dioperasikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Malang ada RS baru, nantinya akan disiapkan 200 bed. Bupati Madiun juga punya rumah sakit baru belum ditempati, jika ada kebutuhan tambahan," jelas Khofifah.
 
Selain rumah sakit, kata Khofifah, apartemen yang belum terisi di Jatim juga akan difungsikan untuk membantu penanganan virus korona. Apartemen tersebut nantinya bisa digunakan untuk ruang isolasi, perawatan, hingga pengujian bagi pasien covid-19.
 
"Kita harus bersama-sama lawan covid-19. Mudah-mudahan gotong royong makin hari terbangun dengan baik," ungkap Khofifah.
 
Khofifah menyebut Pemprov Jatim saat ini sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak, untuk persiapan pengadaan peralatan rapid test massal. Bahkan, ada rumah sakit yang menyatakan siap untuk membeli alat-alat tersebut secara mandiri.
 
"Jadi, kita akan hitung semua persiapan sampai tim expert yakni dokter paru-paru yang tercatat ada sekitar 152 dokter. Ini merupakan frontline dari berbagai upaya penanganan lainnya," pungkas Khofifah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif