NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Satgas Covid-19 Papua Konfirmasi 332 ODP

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 19 Maret 2020 16:20
Jayapura: Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua mengonfirmasi data terbaru orang dalam pemantauan (ODP) virus korona. Sebanyak 332 orang terdaftar sebagai ODP.
 
“Data awal memang 16 ribu ODP. Tetapi setelah kami melakukan entry by name by address, ditetapkan ada 332 ODP," ujar juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Dokter Silwanus Sumule, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Silwanus mengatakan dari jumlah itu satu orang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP), yakni seorang bayi. Ayah dan ibu bayi pun ditetapkan sebagai ODP setelah sang anak diisolasi di RS Dian Harapan, Jayapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) melakukan penyempitan kasus, dan mengarah kepada mayarakat yang datang dari daerah terdampak (covid-19). Ini untuk memudahkan kami mengawasi serta tindak lanjutnya," kata dia.
 
Baca juga:Pasien Positif Korona Jadi 309 Orang
 
Hingga saat ini, kata Silwanus, belum ada penambahan PDP ataupun ODP. “Kami akan mengumumkan update setiap hari pukul 18.00 WIT," jelasnya.
 
Silwanus menyarankan agar 332 ODP tersebut melakukan isolasi mandiri atau tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan selalu memberikan informasi kepada petugas kesehatan apabila ada gejala-gejala yang mengarah pada virus tersebut.
 
“Saat ini kan sudah dirawat dua PDP di Jayapura yaitu di RSUD Jayapura dan RS Dian Harapan. Termasuk juga dua pasien dirawat di RSUD Merauke, dan satu pasien lainnya di RSUD Biak,” beber dia.
 
Sebelumnya, Silwanus mengatakan, ODP tersebut merupakan masyarakat yang datang dari luar Papua atau melakukan kontak fisik dengan PDP.
 
“Sampel darah dari empat PDP sudah dikirim, satunya belum karena baru masuk kemarin. Satu PDP itu adalah bayi berusia tujuh bulan. Semoga pengiriman hasil dari empat PDP tersebut negatif,” pungkasnya.
 
Baca juga:ODP Covid-19 di Papua Capai 16 Ribu Orang
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif