ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kebutuhan Pokok di Jayapura Naik 10% dan Stok Menipis

Nasional pangan hari raya idul fitri sembako Lebaran 2022
Antara • 28 April 2022 08:04
Jayapura: Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM mencatat kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri. Kenaikan berkisar lima sampai 10 persen.
 
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert Awi, mengatakan fluktuasi kebutuhan pokok di ibu kota Provinsi Papua itu akan terpantau pada H-5 sampai H-3 jelang Lebaran.
 
"Namun ketersediaan bahan pokok di Kota Jayapura relatif aman bahkan hingga sampai satu pekan sesudah lebaran Idul Fitri," ujar Awi, Kamis, 28 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Robert, stok bahan pokok di Jayapura itu sedikit. Stok ini yang tersedia di pasar tradisional dan modern cukup hingga satu pekan setelah lebaran.
 
"Dari laporan petugas kami di lapangan seperti itu," ujarnya.
 
Dia menjelaskan untuk komoditas minyak goreng juga cukup dengan harga yang paling murah Rp25 ribu per liter.
 
“Kami dapat laporan dari Bulog dan distributor minyak goreng kalau minyak goreng curah sudah tiba dan siap di salurkan ke pasar,” ucap Awi.
 
Baca: Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Tak Panik
 
Dia menambahkan sampai saat ini harga bahan pokok di setiap pasar belum mengalami perubahan yang signifikan. Awi mengakui Kota Jayapura tak mempermasalahkan harga barang tetapi ketersediaan stok.
 
“Kalau barangnya ada harganya relatif stabil tetapi jika berkurang maka dengan sendirinya harga akan naik, sehingga di lapangan selain kami mengecek harga barang kami juga mengecek jumlah stoknya cukup atau tidak untuk kota Jayapura,” ujarnya lagi.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif