Foto: Kondisi daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Ketapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat/Ant_Yudhi Mahatma (Antara)
Foto: Kondisi daerah aliran sungai (DAS) Citarum di Ketapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat/Ant_Yudhi Mahatma (Antara)

Satu Juta Pohon Segera Ditanam di DAS Citarum

Nasional pencemaran
Antara • 10 Maret 2020 16:22
Bandung: Satu juta pohon akan ditanam di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum pada 2020. Jutaan pohon ditanam untuk memulihkan lahan kritis di sepajang DAS Citarum.
 
"Jadi berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam, baik di dalam maupun di luar kawasan DAS Citarum," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono di Bandung, Selasa, 10 Maret 2020, melansir Antara.
 
Dia mengungkap luas lahan kritis yang di area DAS Citarum mencapai 15.000 hektare. Sedangkan luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagai upaya untuk mengatasinya, sepanjang tahun 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis. Sekarang yang siap tanam ada sekitar satu juta pohon. Diutamakan lahan kritis yang ada di dalam kawasan dulu," lanjutnya.
 
Baca: Sungai Citarum Segera Berstatus Cemar Ringan
 
Dia mengatakan ada aksi penanaman pohon sepanjang musim hujan 2020. Beragam pohon telah ditanam, mulai dari pohon keras dan kopi.
 
"Untuk saat ini sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300 ribuaan, yang lainnya masih banyak lagi," ungkapnya.
 
Tri menegaskan pihaknya juga menggalakan penindakan para perusahaan yang kedapatan melanggar aturan pembuangan limbah. Dia mengaku tak segan membawa perusahaan ke meja hijau bila mencemari lingkungan.
 
"Jika pabrik yang buang limbah yang belum diolah akan kami peringatkan sebanyak tiga kali. Kami juga akan lebih tegas, perusahaan yang melanggar bisa dimejahijaukan," tegasnya.
 
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan program penanaman pohon tidakhanya dilakuan oleh para komandan sektor atau Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Masyarakat pun dikerahkan untuk berpartisipasi melalui sejumlah program.
 
"Untuk penanaman pohon ini akan melibatkan masyarakat yang sedang berbahagia," kata Ridwan Kamil.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif