Petugas melakukan penyemprotan fogging di perumahan warga. MI/Barry Fathahilah
Petugas melakukan penyemprotan fogging di perumahan warga. MI/Barry Fathahilah

Pemkot Makassar Gencarkan Fogging Tekan Kasus DBD

Nasional demam berdarah
Muhammad Syawaluddin • 04 Februari 2019 17:38
Makassar: Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggencarkan fogging atau pengasapan untuk menekan kasus demam berdarah dengue (DBD). Hingga akhir Januari 2019, tercatat ada 22 kasus pasien DBD di Kota Makassar.
 
"Mulai hari ini seluruh jajaran Kota Makassar di 14 kecamatan akan melakukan fogging di seluruh wilayah Kota Makassar," kata Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, Senin, 4 Februari 2019.
 
Dari data Dinas Kesehatan Kota Makassar hingga 31 Januari 2019, ada sekitar 22 kasus DBD yang terjadi di wilayahnya, satu di antaranya meninggal dunia. Sementara untuk di seluruh wilayah Provinsi Sulsel, ada 658 kasus positif DBD delapan di antaranya meninggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kematian akibat DBD tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Sulsel yakni Kabupaten Maros, satu orang, Sopoeng dua orang, Wajo satu orang, Pangkep tiga orang, dan Makassar satu orang.
 
Sejauh ini Kota Makassar belum memasuki zona kejadian luar biasa pada korban DBD. “Kota masih berada di zona aman dibandingkan awal tahun 2018 lalu. Untuk itu antisipasi ini sangat berguna dilakukan untuk menjaga masyarakat dari penyakit mematikan itu,” ungkapnya.
 
Danny berharap usaha yang dilakukannya itu bisa mengajak dan mengedukasi masyarakat agar lebih menjaga kebersihan. Utamanya pada sumber air atau penampungan airnya.
 
Ia juga menghimbau jika ada warga yang membutuhkan obat pembasmih jentik nyamuk atau biasa disebut Abate atau melakukan fogging bisa langsung menghubungi lurah atau camat setempat.
 
Dari data di tahun 2017 di Sulsel, jumlah kasus DBD mencapai 1.737 penderita. Dari jumlah itu 13 orang meninggal dunia. Sedangkan tahun 2018, jumlah kasus 2.141 penderita dan jumlah kematian 19 orang.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif