Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Dosen Jadi Tersangka Pembunuhan Staf Universitas Negeri Makassar

Nasional pembunuhan
Muhammad Syawaluddin • 26 Maret 2019 11:24
Makassar: Kepolisian Resor (Polres) Gowa menetapkan Dr. Wahyu Jayadi sebagai tersangka pembunuhan staf Universitas Negeri Makassar (UNM) Sitti Zulaeha. Dosen UNM tersebut disangkakan menghilangkan nyawa Siti yang ditemukan tewas di dalam mobil pada Jumat 22 Maret 2019 lalu.
 
"Kenaikan status menjadi tersangka merupakan hasil keputusan setelah melakukan gelar perkara," kata Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, Selasa 26 Maret 2019.
 
Penetapan tersangka tidak bisa diambil hanya dari pengakuan pelaku. Gelar perkara menggunakan identifitikasi sains dan dihadiri tim forensik Biddokkes Polda Sulsel karena pengakuan Wahyu harus dibuktikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahyu mengakui telah membunuh Sitti. Dia beralasan Siti terlalu jauh mencampuri urusan rumah tangga dan pribadi Wahyu.
 
Wahyu saat itu gelap mata sehingga tega menghabisi teman sekantornya dengan memukul dan mencekik Siti hingga tewas. Untuk mengelabui petugas, Wahyu memecahkan kaca mobil milik korban untuk membuat seolah Siti korban perampokan.
 
Pelaku digelandang Unit Reserse Mobile Polda Sulsel kurang dari 24 jam di halaman Rumah Sakit Bhayangkara. Pelaku berada di lokasi untuk melihat jenazah Sitti Zulaeha bersama sanak saudara korban.
 
"Sesuai dengan hukum acara pidana, maka tersangka WJ dapat dilakukan pemeriksaan setelah ada pendampingan dari penasehat hukum yang ditunjuk," jelasnya.
 
Wahyu dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, subsider Pasal 351 Ayat 3 tentang penganiayaan yang menyebabkan kematian dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara.
 
Saat ini polisi terus mendalami motif sebenarnya dari kasus pembunuhan tersebut. Polisi saat ini memeriksa kejiwaan tersangka di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif