Ilustrasi angin puting beliung. Foto: ANT/M N Kanwa
Ilustrasi angin puting beliung. Foto: ANT/M N Kanwa

Desa di Batang Diterjang Angin Puting Beliung

Nasional angin puting beliung bencana alam
Akhmad Safuan • 10 November 2019 10:32
Batang: Bencana angin puting beliung melanda Desa Blado, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Sejumlah bangunan rumah warga rusak akibat hantaman angin puting beliung pada Minggu dini hari, 10 November 2019.
 
Pantaua Media Indonesia, ratusan warga dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang, dan aparat TNI/Polri membersihkan puing bangunan rumah warga yang hancur, Minggu, 10 November 2019.
 
Sebagian besar rumah warga terdampak mengalami kerusakan bagian atap. Sejumlah atap rumah bahkan hilang dibawa angin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tercatat enam rumah roboh akibat terjangan angin ribut, sehingga warga terdampak harus menginap di rumah warga lainnya yang lolos dari amukan angin puting beliung. Selain itu kondisi desa gelap gulita, karena listrik padam akibat tiang listrik roboh diterjang angin ribut.
 
"Ketika angin ribut itu menerjang, kami berlarian keluar rumah dalam kondisi gelap gulita dankami melihat atap rumah terbang dibawa angin besar yang bergulung seperti ular besar," kata salah seorang warga, Mafur,40.
 
Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian akibat bencana itu. Pihaknya masih fokus mengevakuasi korban dan menyingkirkan pohon tumbang agar tidak menganggu lalu lintas.
 
"Kami berharap warga waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana, kami juga terus siaga 24 jam untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana terulang," kata Ulul.
 
Dia mengatakan Pemkab Batang segera memberikan bantuan kepad akorban. Bantuan diberikan setelah pihaknya selesai mendata jumlah kerusakan.
 
"Bantuan diberikan bagi korban rumah yang roboh berupa bantuan rehab rumah demikuan juga bagi yang rumahnya rusak berat akan diperbaiki," ujarnya.
 
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang Joko Tetuko mengatakan pemkab segera memberikan bantuan kepada enam pemilik rumah yang rumahnya roboh karena bencana alam. Bantuan akan diberikan pada Senin, 11 November 2019.
 
"Untuk bantuan rehab rumah masing-masing sebesar Rp3 juta," kata Joko.
 
Bencana angin puting beliung juga melandar Desa Glagahwaru, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Belasan rumah, sekolah, musola rusak berat dan puluhan pohon tumbamg akibat terjangan angin ribut pada Sabtu, 9 November 2019, petang hari.
 
"Ada sekitar 15 rumah rusak berat dan termasuk sekokahan dan myshola di desa itu," kata Kepala Pelaksanaan Harian BPBD Kudus Bergas C Penanggungan.
 
Pohon tumbang tidak hanya di Desa Glagahwaru. Tapi juga di jalan utama Kudus-Jepara yakni di Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu, Kudus hingaa mengakibatkan lalul intas terganggu.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif