Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

MUI Kalteng Beri Pemahaman Agama ke Terduga Teroris

Nasional terorisme
Antara • 14 Juni 2019 17:10
Palangka Raya: Sebanyak 32 terduga teroris berada di Dinas Sosial Kalimatan Tengah untuk direhabilitasi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Tengah dilibatkan untuk memberi pemahaman dan nasihat soal agama ke kelompok tersebut.
 
"Agama Islam sudah sangat lengkap mengajarkan kebaikan serta larangan apa saja yang dilakukan umatnya. Untuk mereka yang terpapar paham-paham yang selama ini mengubah ideologi agama Islam, akan diberikan pemahaman ke jalur agama yang benar," kata Ketua MUI Kalteng H Anwar Isa, di Palangka Raya, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Dia mengatakan, MUI Kalteng berkewajiban membantu polisi dan Pemprov Kalteng untuk menangani para terduga teroris tersebut. Terlebih, ke 32 orang itu diduga sudah menjadi cikal bakal teroris. Kelompok terduga teroris itu menamakan kelompoknya sebagai Uzla.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebenarnya kata Uzla dalam ilmu tasauf yang dipakai mereka itu, artinya sangat baik. Tapi kelompok tersebut mengartikannya salah serta melakukan hal-hal yang negatif ke masyarakat," beber dia.
 
Baca:25 Terduga Teroris Kalteng Jaringan Uzla
 
Ke-32 terduga teroris saat ini dititipkan di rumah singgah milik Dinsos Kota Palangka Raya. Belum diketahui sampai kapan mereka dideradikalisasi.
 
Dalam waktu dekat, mereka akan di-asessmen oleh Kementerian Sosial yang ditugaskan menanggulangi psikologi kelompok tersebut. Sehingga, ideologi mereka kembali menganut Pancasila.
 
Total 34 terduga teroris ditangkap Densus 88 Anti Teror dari dua lokasi. Sebanyak 15 orang ditangkap di Kota Palangka Raya, dua di antaranya telah ditetapkan tersangka. Sedangkan 13 orang lainnya kini ditempatkan di Dinsos Kalteng.
 
Kemudian, Densus 88 Antiteror menangkap 19 orang terduga teroris, dengan rincian tujuh laki-laki dewasa, empat perempuan dewasa, tujuh anak perempuan dan satu anak laki-laki.
 
Baca: 32 Terduga Teroris Kalteng Dideradikalisasi
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif