Sebanyak 37 rumah di pemukimam suku Baduy Luar di Kampung Kadu Gede, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, ludes terbakar.
Sebanyak 37 rumah di pemukimam suku Baduy Luar di Kampung Kadu Gede, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, ludes terbakar.

Permukiman Suku Baduy Luar Terbakar

Nasional kebakaran rumah
Hendrik Simorangkir • 13 September 2019 17:53
Tangerang: Sebanyak 37 rumah di permukiman suku Badui Luar di Kampung Kadu Gede, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, ludes terbakar. Kebakaran terjadi diduga dari sisa pembakaran api tungku dari salah satu warga.
 
"Ada 37 rumah yang terbakar, itu habis semua enggak bisa dipadamin. Saat itu semua warga sedang pergi ke ladang, jadi enggak bisa memadamkan," kata Camat Leuwidamar, Rosyid, Jumat, 13 September 2019.
 
Rosyid menambahkan, letak pemukiman yang ada di pegunungan dengan embusan angin yang kuat menjadi penyebab kebakaran hebat itu tidak bisa dipadamkan. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, meski ada seorang warga yang pingsan akibat mencoba memadamkan api. Saat ini korban sedang dalam perawatan di Puskesmas Ciboleger.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada korban jiwa karena semua sedang di Ladang. Kalau sekarang warga yang rumahnya terbakar mengungsi ke rumah saudaranya," jelasnya.
 
Rosyid mengatakan, prihatin dengan musibah yang terjadi di daerahnya, belum lama juga terjadi musibah pembunuhan kepada salah seorang gadis Baduy.
 
"Iya ini sedang banyak cobaan semoga tidak ada lagi lah," katanya.
 
Sementara, warga Suku Baduy Luar Tiwin, menuturkan tak mengetahui awal terjadinya kebakatan tersebut. Ia menambahkan, rumah yang ditempatinya pun ikut terbakar.
 
"Yang saya tinggali terbakar itu rumah mertua saya. Saya belum punya rumah, masih ikut mertua," ucap Tiwin.
 
Proses pemadaman tersebut hanya dilakukam oleh warga Suku Baduy Luar secara gotong royong dengan alat seadanya. Lantaran mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke lokasi.
 
"Belum tahu juga penyebab kebakarannya kenapa, saya sendiri belum tahu ini juga," katanya.
 

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif