ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkot Solo Perpanjang Jam Operasional Pusat Perbelanjaan

Nasional Virus Korona PSBB
Triawati Prihatsari • 19 Mei 2020 16:58
Solo: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperpanjang jam operasional mal dan pusat perbelanjaan sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sebelumnya Pemkot Solo memangkas jam operasional sejak Solo KLB korona dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.
 
"Kami mendapat banyak permintaan dari pengelola mal dan pusat perbelanjaan. Mendekati lebaran ini ternyata mal dan pusat perbelanjaan ramai dikunjungi warga, meski wabah korona masih melanda," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Solo, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Baca: ASN tak Diizinkan Ambil Cuti Tambahan Lebaran

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rudy menjelaskan pihaknya tidak mampu mencegah atau memberi sanksi kepada masyarakat yang nekat berbelanja ke mal dan pusat perbelanjaan. Namun Pemkot Solo tetap memantau tempat tersebut agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan.
 
"Maka kami meminta agar pihak mal dan pusat perbelanjaan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Yang masuk mal adalah untuk berbelanja. Selain itu pengunjung dan karyawan mal wajib memakai masker dan cek suhu tubuh saat masuk area mal atau pusat perbelanjaan. Wajib juga jaga jarak," jelas Rudy.
 
Rudy mengungkap perpanjangan jam operasional mal dan pusat perbelanjaan terpaksa dilakukan untuk menghindari penumpukan pengunjung. Pasalnya beberapa pengelola mal dan pusat perbelanjaan mengklaim jam operasional yang pendek seperti sebelumnya akan memicu kerumunan karena warga akan datang bersamaan dalam waktu yang dekat.
 
"Kami tegaskan, kalau ada yang melanggar akan langsung kena sanksi ditutup. Ini akan berlaku mulai Rabu, 20 Mei 2020 hingga 29 Mei 2020. Nanti akan dievaluasi lagi apakah akan diperpanjang atau tidak," tandas Rudy.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif