NEWSTICKER
Rapat koordinasi penanganan covid-19 di Pemkab Kulon Progo. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Rapat koordinasi penanganan covid-19 di Pemkab Kulon Progo. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Rapat ASN Kulon Progo Diberi Jarak

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 18 Maret 2020 17:54
Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan jarak duduk peserta rapat penanganan penyebaran virus korona di Ruang Adikarto pada Rabu, 18 Maret 2020. Jarak duduk antarpeserta rapat ini sekitar satu meter.
 
"Pemberian jarak duduk ini untuk menghindari potensi penyebaran covid-19 antarpeserta," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kulon Progo, Astungkoro.
 
Ia mengungkapkan, pihaknya berupaya menekan peningkatan penyebaran virus korona. Menurut dia, rumah sakit tak akan mampu menangani apabila warga yang terjangkit virus dalam jumlah banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jaga jarak ini untuk mengurangi risiko terjangkit. Kalau menutup akses atau lockdown enggak mungkin karena itu menjadi kewenangan pemerintah pusat," jelasnya.
 
Baca juga:Ekonomi di Lintas Batas RI-PNG Mati Suri
 
Selain jaga jarak tempat duduk, sebelum rapat berlangsung juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Dari 169 peserta rapat yang diukur suhu tubuhnya, enam peserta memiliki suhu 38 derajat celsius.
 
Enam orang tersebut disarankan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Kendati demikian, Astungkoro mengaku tak khawatir karena yang bersangkutan tidak disertai batuk, sakit tenggorokan, dan gangguan pernafasan.
 
"Atau yang bersangkutan pernah berkunjung ke negara atau kota terjangkit covid-19. Cukup dengan memeriksakan kesehatan," ungkapnya.
 
Ia meminta ke warga Kulon Progo tak panik terhadap virus korona. Menurut dia, virus tersebut cukup disikapi dengan kewaspadaan dan menjaga kesehatan.
 
"Harus berhati-hati saat ada kedatangan orang yang bisa membawa (potensi penyebaran Covid-19). Hindari kemungkinan berkumpul dengan kerumunan orang," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif