ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Dishub Mataram Tegaskan Tidak Ada Penyekatan Selama Arus Mudik

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Antara • 28 April 2022 14:05
Mataram: Dinas Perhubungan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebut selama libur Lebaran 1443 Hijriah tidak ada penyekatan. Di wilayahnya juga tidak ada pengalihan arus lalu lintas di pintu-pintu masuk Kota Mataram.
 
"Kendati tidak ada penyekatan, pengawasan tetap dilakukan, terutama untuk protokol kesehatan (prokes) covid-19. Minimal menggunakan masker," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram M Saleh di Mataram, Kamis, 28 April 2022.
 
Ia mengatakan pengawasan di pintu-pintu masuk selama libur dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriah bekerja sama dengan aparat dari Polresta Mataram. Tim dari Dishub sifatnya mendukung pengawasan yang dilakukan jajaran Polresta Mataram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengawasan juga difokuskan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan alat transportasi.
Pengecekan dilakukan di pintu-pintu masuk Kota Mataram, seperti di Gapura Tembolak, Dasan Cermen, Gerimak, Rembiga dan Bintaro.
 
Misalnya, mobil pick up yang seharusnya digunakan mengangkut barang, disalahgunakan untuk mengangkut orang, mereka akan diminta putar balik. "Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas atau pengalihan jalur dilakukan situasional," ucap Saleh.
 
Baca: Antisipasi Kepadatan, ASDP Merak Diminta Maksimalkan Armada Kapal
 
Saleh mengatakan pengawasan di pintu masuk pada Lebaran tahun ini lebih longgar dibandingkan Lebaran dua tahun sebelumnya, karena tahun lalu terjadi peningkatan kasus COVID-19 cukup signifikan.
 
"Kalau tahun ini, penyebaran COVID-19 sudah sangat landai, sehingga pemerintah memberikan izin mudik Lebaran. Hanya saja, kita perlu waspada," katanya.
 
Terkait dengan pengamanan, 30 orang anggota Dishub Kota Mataram siap membantu aparat kepolisian melakukan pengawasan pada sejumlah pintu masuk kota itu. Sebanyak 30 orang anggota Dishub disebar di sejumlah titik pusat perbelanjaan yang dinilai rawan kemacetan lalu lintas, seperti di Jalan Panca Usaha, Jalan Penjanggik di kawasan Cakranegara, Jalan Sriwijaya, Airlangga, dan Ampenan.
 
"Anggota kami fokus memantau, mengatur dan menertibkan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Selain itu, menertibkan parkir agar tidak menggunakan badan jalan," ucap dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif