Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon saat melakukan pengecatan pohon di jalur mudik
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon saat melakukan pengecatan pohon di jalur mudik

Minim Penerangan Jalan, Dishub Cirebon Terpaksa Cat Pohon

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Ahmad Rofahan • 26 April 2022 14:20
Cirebon: Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melakukan kegiatan pengecatan pohon di sejumlah ruas jalan yang nantinya dilalui oleh para pemudik. Pengecatan dilakukan di lokasi yang minim rambu lalu lintas maupun Penerangan Jalan Umum (PJU). 
 
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dishub Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah, menuturkan giat itu merupakan gerakan masyarakat Cirebon peduli keselamatan lalu lintas dan jalan dalam rangka menyukseskan mudik Lebaran 2022. 
 
"Gerakan yang kami lakukan adalah melakukan pengecatan pohon di ruas jalan yang memang memiliki kekurangan fasilitas prasarana lalu lintas, baik PJU, dan perambuannya," ungkapnya, Selasa, 26 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui gerakan pengecatan pohon ini, sambung dia, dalam rangka membantu pemudik dari jarak pandang lalin dan batasan Rumija (Ruang Milik Jalan) agar terciptanya keselamatan. 
 
"Kami Pemkab hadir untuk membantu mewujudkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pemudik," ujarnya. 
 
Baca juga: Dinkes Jabar Siagakan 186 Rumah Sakit Sepanjang Jalur Mudik
 
Bukan hanya itu saja, gerakan ini dilakukan dengan keterbatasan yang dimiliki oleh pihaknya. Pasalnya, dari sejumlah rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terutama Kementerian Perhubungan yang meminta seluruh jajarannya untuk dapat menyukseskan arus mudik Lebaran 2022. 
 
"Kami sudah rapat dengan Kemenhub sebagai persiapan mudik, tapi kita tidak disokong sama bantuan anggaran baik dari pemerintah pusat ataupun pemerintah provinsi," bebernya. 
 
Ia menilai bila rapat yang selama ini dilakukan hanya sebuah wacana yang dipaparkan oleh pemerintah pusat terutama Kementerian Perhubungan dalam menyukseskan mudik lebaran 2022. 
 
"Kita sudah diminta untuk mengajukan proposal untuk perbaikan PJU sebagai persiapan arus mudik, tapi proposal yang sudah kita ajukan tidak direspons sama pemerintah pusat atau provinsi. Jadi kami inisiatif karena tidak ada anggaran untuk perbaikan PJU jadi kami lakukan pengecatan pohon," tutupnya. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif