Uji coba bus untuk difabel di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa, 11 Januari 2022. Medcom.id/ Triawati Prihatsari
Uji coba bus untuk difabel di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa, 11 Januari 2022. Medcom.id/ Triawati Prihatsari

Difabel di Solo Akan Dapat Fasilitas Bus Khusus

Triawati Prihatsari • 11 Januari 2022 15:21
Solo: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera memiliki bus umum dengan bodi low deck monocoque yang digadang merupakan bus ramah difabel pertama di Indonesia. Uji coba bus tersebut dilakukan sebulan ke depan mulai Selasa, 11 Januari 2022.
 
"Uji coba kita lakukan sekitar satu bulan kemudian kita laporkan hasilnya ke Kemenhub. Selama uji coba, sebulan ke depan beroperasi di jalur Batik Solo Trans (BST) Koridor 1 (Terminal Kartasura-Terminal Palur)," kata Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, di Solo, Selasa, 11 Januari 2022.
 
Baca: Modus Calo CPNS, Dokter Gadungan di Sukoharjo Dibekuk

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dishub Solo melibatkan komunitas difabel dalam uji coba pertama bus low deck tersebut. Pelibatan komunitas difabel dilakukan untuk mendapatkan masukan terkait kemungkinan adanya kekurangan bus demi kenyamanan pengguna.
 
Selama uji coba satu bulan ke depan, masyarakat umum juga bisa mencoba bus dengan bodi low deck tersebut. Ke depan bus low deck diharapkan menjadi salah satu bus yang disediakan di beberapa koridor transportasi umum di Solo.
 
"Kita ada enam koridor. Dari sisi kenyamanan, prototype ini sudah bagus baik untuk transportasi umum maupun transportasi difabel. Bus ini berhenti dimanapun bisa, tidak memerlukan tempat khusus seperti high deck. Jadi mudah sebetulnya, tidak masalah kalau berhenti di halte BST," jelas Hari.
 
Sementara Manajer Engineering PT Adi Putro selaku penyedia bus, Eko Widianto, mengatakan nantinya bus menggunakan sistem hidrolik dan elektrik. Dengan sistem tersebut diharapkan tanpa bantuan petugas pun penumpang difabel dapat naik bus secara mandiri.
 
"Diharapkan kalau pakai elektrik hidrolik, ada trotoar khusus untuk orang yang pakai kursi roda. Karena kalau di jalan hujan ya kehujanan atau banjir air," ungkap Eko.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif