Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

5.887 Warga di DIY Melanggar Protokol Kesehatan

Nasional Virus Korona covid-19 protokol kesehatan
Ahmad Mustaqim • 23 Oktober 2020 15:07
Yogyakarta: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat 5.887 orang ditindak akibat melanggar protokol kesehatan (Prokes) mencegah covid-19. Jumlah pelanggar tercatat sejak 1 Oktober hingga 21 Oktober, dari penindakan di berbagai lokasi.
 
"Kebanyakan enggan pakai masker dan mengabaikan anjuran menjaga jarak fisik di keramaian," kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Noviar mengatakan, pada libur panjang akhir bulan ini pihaknya menyiapkan operasi yustisi penerapan penerapan prokes. Ia memperkirakan, potensi pelanggaran penerapan prokes di berbagai destinasi wisata cukup besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengantisipasi pelanggaran protokol kesehatan selama libur panjang dengan melakukan operasi yustisi yang akan difokuskan di objek-objek wisata," jelasnya.
 
Baca:Ilmuwan Sebut Belum Ada Vaksin 100% Siap
 
Ia menyiapkan sekitar 459 personel untuk operasi yustisi. Personel Satpol PP itu akan disokong pasukan gabungan dari unsur Polri dan TNI sekitar 180 orang.
 
"Petugas akan membubarkan kerumunan jika tak bisa diingatkan. Yang melanggar (prokes) akan diminta buat surat pernyataan dan diberikan sanksi," ujarnya.
 
Noviar menyatakan, operasi tak hanya dilakukan di destinasi wisata seperti Malioboro, Kota Yogyakarta. Namun akan menjangkau di berbagai destinasi wisata kabupaten/kota lain. Utamanya destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan dari luar daerah.
 
"Saat libur akhir pekan kemarin saja jumlah pengunjungnya 46.000 hanya dalam satu hari. Sebagian besar wisatawan dari luar daerah," jelasnya.
 
Pihaknya juga akan membantu pengecekan penerapan prokes di sejumlah perhotelan. Wisatawan dari zona merah penyebaran covid-19 harus melengkapi diri dengan kelengkapan surat kesehatan atau hasil tes covid-19.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif