ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

IDI Bandar Lampung Wajibkan Anggotanya Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 14 Januari 2021 10:19
Bandar Lampung: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung mewajibkan semua dokter yang terdaftar menjadi anggotanya harus menjalani vaksinasi covid-19. Anggota akan mendapat sanksi jika tidak melakukan vaksinasi covid-19.
 
"Dokter-dokter yang tergabung dalam IDI diwajibkan ikut vaksinasi, kalau tidak mereka akan dianggap sebagai pelanggaran sedang sampai berat," kata Ketua IDI Kota Bandar Lampung, Aditya M Biomed, di Bandar Lampung, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Baca: Patahan Busur Belakang Sebabkan Gempa Manggarai

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan sanksi yang akan diberikan kepada anggotanya bila tidak divaksinasi bisa berupa teguran dan hukuman etik. Aditya berharap dokter bisa menjadi contoh bagi masyarakat agar mau melakukan vaksin covid-19.
 
"Yang menghukum nanti itu kita, tapi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK), kalau dia cuma tidak mau dan tidak mempengaruhi ya itu sedang, tapi apabila ikut mempengaruhi opini masyarakat maka akan ada tindakan lebih keras dari IDI juga," jelasnya.
 
Menurutnya vaksin covid-19 sudah aman sebab faktor keamanan dan efikasi dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga sudah dinyatakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
Apalagi vaksin ini telah melewati uji klinis yang angka sudah mencapai 65 persen sehingga tidak ada alasan lagi baik, dokter, tenaga kesehatan, pejabat atau masyarakat enggan divaksinasi.
 
"Memang awalnya banyak yang meragukan vaksin ini tapi seiring berjalannya waktu pemerintah telah menyatakan oke, yang artinya kita juga harus siap," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif