ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Ratusan Brimob Tanggulangi Karhutla di Riau

Nasional kebakaran lahan dan hutan
Antara • 02 Maret 2019 12:24
Pekanbaru: Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengerahkan ratusan personel Brigade Mobil (Brimob) guna memperkuat upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Rupat, Bengkalis, dan Kota
Dumai.
 
Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Sunarto mengatakan, para personel itu dibekali perlengkapan pemadaman dan terdiri dari satu satuan setingkat kompi (SSK) A Markas Pekanbaru dan satu satuan setingkat pleton (SST) Yon B Rokan Hilir.
 
"Kita BKO kan satu SSK (dari Pekanbaru, lengkap dengan perlengkapan termasuk alat Damkar dan satu SST Yon B Rohil. Hari ini sudah mulai bertugas," kata Sunarto di Pekanbaru, Riau, Sabtu, 2 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sunarto menjelaskan, secara keseluruhan, total terdapat 130 personel Brimob yang dikerahkan membantu dan memaksimalkan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Rupat, Bengkalis.
 
Mereka semua akan bergabung bersama dengan ratusan prajurit Kostrad TNI bersama dengan Polres Bengkalis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni serta masyarakat terus berjibaku memadamkan api di wilayah itu selama tiga pekan terakhir.
 
"Fokus pemadaman masih di wilayah Rupat dan Dumai. Dan Alhamdulillah hari ini laporan kondisi di lapangan sudah jauh membaik," jelas Sunarto.
 
Lebih jauh, selain mengerahkan pasukan ke lokasi Karhutla, Sunarto mengatakan jika Polda Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus juga turut membantu pengadaan mesin pemadam kebakaran portable. Sebanyak 10 unit mesin penyemprot air dengan kapasitas besar diserahkan ke Satgas Karhutla Riau.
 
Sunarto menyebutkan jika selama ini upaya penanggulangan kerap dihadapkan dengan minimnya keberadaan peralatan. "Untuk itu, atas perintah bapak Kapolda kita membantu menyerahkan mesin air portable ke Posko Karhutla. Selain itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama antisipasi," pungkas Sunarto.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif