Puluhan Rumah di Kampung Adat di Ende Terbakar
Perkampungan adat Nggela yang menjadi tujuan wisata di Ende terbakar pada Senin 29 Oktober 2018, MI - John Lewar
Ende: Puluhan rumah di kampung adat di Nggela Lio Utara, Kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara timur, terbakar. Kampung Nggela Lio Utara merupakan salah satu tujuan wisata di Ende.

Marselinus Edo, warga setempat, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 15.15 WIta atau 14.15 WIB, Senin, 29 Oktober 2018. Ia menduga kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik di rumah seorang warga.

"Kemudian api berkobar dan merambat ke puluhan rumah lain. Apalagi, rumah terbuat dari rumput alang-alang dan kayu yang mudah terbakar," kata Marselinus.


Belasan rumah hangus dan rata dengan tanah. Sedangkan beberapa rumah lain rusak.

Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, pasolan air minim sehingga menyulitkan pemadaman.

Hingga berita ini dimuat, kerugian belum dapat ditaksir. Jumlah korban juga belum dihitung.

Desa tersebut berlokasi tak jauh dari Gunung Kalimutu. Selain panorama gunung, desa tersebut terkenal dengan karya kerajinan tenun ikat yang khas. 

Selain itu, Nggela juga terkenal dengan pemandian air panas. Kadar belerang di kolam sekitar desa tinggi dan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Baca: Puluhan Rumah Adat di Guru Sina NTT Terbakar

Peristiwa serupa terjadi pada pertengahan Agustus 2018. Saat itu, api menghanguskan puluhan rumah adat di Desa Guru Sina, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada. Diduga, api berasal dari rumah yang ditinggal pemiliknya yang sedang menggarap ladang.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id