Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Sulut Bentuk Forum Dokter Spesialis Tangani DBD

Nasional demam berdarah
Mulyadi Pontororing • 23 Januari 2019 20:47
Manado: Dinas Kesehatan Sulawesi Utara membentuk forum dokter spesialis untuk penanganan kasus demam berdah dengue (DBD) yang terus meningkat di wilayahnya. Forum ini berisi dokter spesialis penyakit dalam serta spesialis anak.
 
"Ini dibentuk untuk membantu daerah-daerah yang kesulitan dalam menangani kasus demi mengurangi tingkat fatalitas kasus DBD," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulut Steaven Dandel, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Pihaknya juga menerapkan sistem manajemen penatalaksanaan kasus yang telah masuk di rumah sakit. Pihaknya berusaha fokus mengurangi angka kasus fatal atau kematian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berusaha agar tidak ada kekurangan alat atau bahan yang dipakai untuk menolong penderita DBD. Jadi mulai dari kebutuhan darah, cairan, oralit, 100 persen kita penuhi," terangnya.
 
Penyakit DBD ini disebut Steaven tidak ada obatnya selain mengganti cairan tubuh pasien. Kebutuhan cairan wajib terpenuhi untuk mengurangi risiko kematian penderita.
 
"Kami fokus dengan memantau kebutuhan-kebutuhan rumah sakit yang merawat penderita DBD. Seperti kemarin ada kebutuhan 10 ribu di RSUD Prof Kandou itu kita penuhi," paparnya
 
Pihaknya terus menyosialisasikan ke masyarakat agar responsif dan segera membawa penderita DBD ke rumah sakit. Sekitar 80 persen kasus kematian penderita akibat terlambat ditangani.
 
"Biasanya itu, penderita sudah mengalami demam empat sampai lima hari kemudian dibawa. Hal ini akan sangat sulit ditangani karena pasien sudah dalam keadaan syok," terangnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi