Warga menunjukkan bongkahan batu berukuran sekitar 6x5 meter yang menimpa sejumlah bangunan di Kampung Cihandeuleum, Purwakarta. (Foto: Antara/Luthfi Rahman)
Warga menunjukkan bongkahan batu berukuran sekitar 6x5 meter yang menimpa sejumlah bangunan di Kampung Cihandeuleum, Purwakarta. (Foto: Antara/Luthfi Rahman)

Perusahaan Tambang Batu di Purwakarta Siap Ganti Rugi

Nasional tambang batu
P Aditya Prakasa • 11 Oktober 2019 16:43
Bandung: Perusahaan tambang batu PT Mandiri Sentra Sejahtera (MSS) akan memberikan ganti rugi kepada warga terdampak penambangan.
 
"Kami menyesal dan tidak menyangka ada longsoran batu dan menimpa beberapa rumah warga," kata Direktur PT MSS, Bambang Yudaka, saat dikonfirmasi, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Bambang berdalih peledakan tambang batu telah dilakukan sesuai prosedur. Namun kondisi tanah yang kering, getaran dari ledakan merontokkan batu-batu yang menempel di dinding bukit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kekeringan, ikatan batu dengan tanah terlepas. Sehingga terjadi longsoran," kata Bambang.
 
Meski begitu, kata dia, pihaknya bertanggungjawab penuh atas insiden tersebut. PT MSS akan berdiskusi dengan masyarakat yang terdampak.
 
"Kita bertanggung jawab penuh. Memberikan ganti rugi kepada warga yang terdampak longsorang. Sekarang tinggal realisasinya," kata dia.
 
Bambang memastikan pengamanan aktivitas penambangan dilakukan dengan ketat. Hal itu bertujuan agar insiden serupa tak kembali terjadi.
 
"Perusahaan telah membuat rencana dan akan mengambil langkah proteksi disekeliling tempat penambangan batu. Itu dilakukan sebagai upaya pencegahan," jelas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif