Ilustrasi. Medcom.id/Sonya Michaella
Ilustrasi. Medcom.id/Sonya Michaella

Kalbar Diuntungkan dari Pemindahan Ibu Kota Negara

Nasional pemindahan ibukota
Antara • 18 Agustus 2019 13:16
Pontianak: Kalimantan Barat akan menjadi daerah yang paling diuntungkan terkait perpindahan ibu kota negara yang ditetapkan Presiden Joko Widodo. Terutama dampaknya ke pembangunan provinsi di Borneo bagian barat tersebut.
 
"Keputusan presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan menjadi suatu keputusan yang sangat berani dan patut untuk diapresiasi. Dalam hal ini, Kalbar akan menjadi daerah yang paling diuntungkan," kata Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji di Pontianak, Minggu 18 Agustus 2019.
 
Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan sebagai langkah yang sangat baik. Kaltim dan Kalbar paling tepat sebagai ibu kota negara yang baru jika dilihat dari sisi geografis .

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalbar lebih dekat dengan Jakarta yang telah lama jadi ibu kota Indonesia. Semantara Kaltim lebih dekat untuk wilayah timur Indonesia.
 
Namun, Kaltim memiliki peluang besar untuk menjadi ibu kota yang baru untuk Indonesia. Hal ini melihat infrastruktur memang provinsi paling timur di pulau Kalimantan itu lebih siap dibanding daerah lainnya.
 
"Kalbar jelas akan menjadi daerah yang paling berdampak besar, dimana pun ibu kota negara itu berada nantinya. Karena, Kalbar memiliki pelabuhan internasional Kijing yang tentu menjadi salah satu pendukung arus keluar masuk barang bagi ibu kota negara baru nantinya," kata Sutarmidji.
 
Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan juga mengatakan pemindahan ibu kota negara yang menjadi kesempatan yang baik untuk melakukan penataan kembali negara ini.
 
"Kalimantan memiliki wilayah yang luas sehingga pemerintah akan sangat leluasa untuk melakukan penataan pada pusat pemerintahannya yang baru," katanya.
 
Dia mencontohkan Amerika Serikat yang memindahkan ibu kota negaranya ke Washington DC. Penataan wilayah pemerintahannya menjadi lebih baik karena ada pembagian antara pusat pemerintahan dengan wilayah bisnis.
 
"Dengan demikian, Kalimantan ke depan tentu menjadi daerah yang akan lebih baik dan Kalbar harus bisa menangkap peluang ini untuk mempercepat pembangunan di daerah," tuturnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif