Ilustrasi banjir bandang di Desa Sumber Rejo Kecamatan Donorojo pada awal tahun 2018. Medcom.id/ Rhobi Shani
Ilustrasi banjir bandang di Desa Sumber Rejo Kecamatan Donorojo pada awal tahun 2018. Medcom.id/ Rhobi Shani

BPBD Intruksikan Pemdes Bersihkan Saluran Air

Nasional musim hujan
Rhobi Shani • 20 November 2019 13:22
Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meminta pemerintah desa menggerakan warga untuk kerja bakti membersihkan saluran air. Sebab banjir kerap terjadi lantaran aliran air sungai tersumbat sampah.
 
Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, mengatakan pemerintah desa yang kerap jadi langganan bajir sudah diintruksikan untuk memeriksa dan membersihkan saluran air. Itu seperti Desa Paren Kecamatan Mayong, Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan, dan desa-desa di Kecamatan Tahunan.
 
"Terutama jalur selatan seperti Batukali dan Paren. Kami sudah minta pemerintah desa untuk kerja bakti agar segera membersihkan saluran-saluran karena biasanya setiap hujan mampet, banjir," kata Arwin saat dikonfirmasi, Rabu, 20 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain meminta pemerintah desa segera membersihkan saluran air, guna mengantisipasi dampak musim hujan BPBD telah menyiapkan karung. Itu untuk membuat dan memperbaiki tanggul yang rusak. Serta pembuatan posko pemantauan banjir di daerah rawan banjir.
 
"Suplai karung untuk tanggul-tanggul yang rawan juga sudah kami lakukan," jelas Arwin.
 
Arwin memprediksi, banjir bandang masih berpotensi di Desa Sumber Rejo Kecamatan Donorojo. Sebab, sampai saat ini belum ada tindak lanjut penanganan banjir bandang.
 
"Tanggul di pertemuan dua sungai belum ada, potensi banjir bandang masih ada," pungkas Arwin.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif