ogo KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Rabu (12/4). MI/ ROMMY PUJIANTO.
ogo KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Rabu (12/4). MI/ ROMMY PUJIANTO.

KPK Sudah Memiliki Sembilan Korwil

Nasional pencegahan korupsi
Ahmad Mustaqim • 18 Juli 2019 17:56
Yogykarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memiliki sembilan koordinasi wilayah (Korwil) yang ada di sejumlah daerah di Indonesia. Korwil ini tak akan memiliki kantor tetap.
 
"Kita mengenalkan koordinasi wilayah ada tempat. Dan Jogja masuk wilayah lima," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo di kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Kamis, 18 Juli 2019.
 
Agus menjelaskan pihaknya akan sangat hati-hati dalam membentuk Korwil, termasuk tidak membuat kantor dengan alamat tetap. Menurut dia, pembuatan Korwil tak boleh melemahkan gerakan KPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menyebut lembaga seperti kepolisian hingga kejaksaan yang memiliki kantor di setiap wilayah, bahkan hingga tingkat kabupaten. Namun, sejumlah lembaga itu justru seperti tak mengetahui apabila ada tindak pidana korupsi di wilayahnya.
 
"Masa Kapolres gak tahu bupati korupsi. Analisis kami jangan-jangan karena (kepolisian dan kejaksaan) menjadi anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Ada fasilitas itu (seperti mobil) yang mereka manfaatkan," jelas Agus.
 
Agus berujar, pembuatan Korwil KPK di daerah dilakukan tersembunyi. Kantor pun tak akan dibuat tetap.
 
"Kalau pas ada di Jateng (Jawa Tengah) ya muter aja. Mendorong sosialisasi. Ada korsub pencegahan dan penindakan. Supaya kejadian di tempat lain tak terjadi," ungkap Agus.
 
Dengan kata lain, Korwil KPK di daerah sejenis kantor virtual. Koordinasi dilakukan berjalan sesuai dengan medium yang dipakai oleh komisi antirasuah.
 
"Mudah-mudahan tanpa kantor, kantor virtual bisa memberikan kinerja lebih baik di masa mendatang," pungkas Agus.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif