Jajaran baru komisioner Bawaslu DIY. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Jajaran baru komisioner Bawaslu DIY. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Waduh! 6 ASN dan Sekeluarga di Yogyakarta Dicatut Masuk Anggota Parpol

Ahmad Mustaqim • 26 September 2022 12:59
Yogyakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat ada 4 ASN dicatut masuk keanggotaan partai politik (parpol). Bahkan, ada satu keluarga yang semua anggotanya dicatut juga. 
 
Ketua Bawaslu DIY, Sutrisnowati, mengatakan sudah ada puluhan orang yang dicatut identitasnya masuk dalam keanggotaan parpol. Ia mengatakan pencatutan itu terjadi di hampir semua kabupaten/kota di DIY. 
 
"Sampai hari ini ada sekitar 40 orang yang identitasnya dicatut masuk keanggotaan parpol," kata Sutrisnowati di Kantor Bawaslu DIY, Senin, 26 September 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan dari sekitar 40 identitas yang dicatut itu sebanyak 6 di antaranya berstatus ASN. ASN yang dicatut identitasnya itu ada di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kota Yogyakarta, dan ASN di lingkungan Pemerintah DIY. 
 
Baca juga: Bawaslu Kota Bandung Mulai Lakukan Pengawasan Tahapan Pemilu

Pihaknya meminta publik bisa melakukan pengecekan identitas guna mengetahui kemungkinan pencatutan. Sebab salah satu hal yang dilarang jika seseorang bergabung dengan parpol adalah berstatus ASN.
 
Kendati emikian, Sutrisnowati menyebut mayoritas warga yang dicatut masuk dalam keanggotaan parpol sudah menyampaikan klarifikasi dengan mengisi formulir aduan yang disampaikan ke KPU setempat. Meskipun, masih ada beberapa daftar yang dicatut masih belum dihapus, termasuk beberapa ASN tersebut. 
 
Ia menambahkan pihaknya sudah jauh-jauh hari menyosialisasikan dan menyampaikan imbauan agar publik melapor jika identitasnya dicatut parpol tanpa konfirmasi. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Gubernur DIY hingga jajaran TNI mengenai hal itu. 
 
"Kami juga sudah audiensi ke TNI menyampaikan ke komandannya, meminta jajarannyan mengecek data diri dicatut atau tidak," ungkapnya. 

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif