Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw Antara/Evarianus Supar
Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw Antara/Evarianus Supar

Polisi Selidiki Dugaan Penyelundupan Senpi ke Papua

Nasional kelompok bersenjata di papua
Antara • 13 Januari 2020 10:50
Timika: Pihak Kepolisian Daerah Papua masih melacak dugaan penyelundupan senjata api beserta amunisi dari luar negeri ke wilayah Timika, Papua. Penyelidikan dilakukan menyusul maraknya teror penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap prajurit TNI dan Polri di berbagai daerah di Papua.
 
"Memang ada info-info bahwa bukan hanya dari dalam negeri, ada juga dari luar negeri. Ada indikasi dari perbatasan itu juga masuk. Lalu dari Filipina juga masuk melalui Maluku Utara, kemudian ke Sorong Papua Barat lalu masuk ke Papua. Banyak jalan yang mereka gunakan," kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw di Timika, Senin, 13 Januari 2020.
 
Paulus meminta dukungan dan bantuan masyarakat setempat untuk memberitahukan kepada pihak berwajib jika mengetahui informasi adanya transaksi senpi dan amunisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Paulus pihaknya juga mendapatkan informasi bahwa ada sejumlah senjata rakitan dari Lumajang, Jawa Timur, dengan kondisi yang cukup modern beberapa di antaranya sudah masuk ke wilayah Papua.
 
Kasus pembuatan senjata rakitan di wilayah Lumajang tersebut pernah diungkap oleh jajaran kepolisian di Polda Jawa Timur beberapa waktu lalu.
 
Paulus kembali mengatakan jika kasus penyelundupan senpi dan amunisi kepada KKB di Papua menjadi pekerjaan besar dan berat yang harus ditangani serius dengan melibatkan semua pihak terkait.
 
"Dengan memegang senjata, mereka (KKB) juga ingin makan enak, ingin perempuan, ingin hidup mewah dan memiliki uang banyak. Mereka juga menekan aparat pemerintah seperti kepala-kepala desa untuk menyetor dana," ungkap Paulus.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif