Dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan PAUD. Foto: MI/ferdinandus rabu
Dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan PAUD. Foto: MI/ferdinandus rabu

Sumsel Dipastikan Bersih dari Desa Fiktif

Nasional dana desa
Gonti Hadi Wibowo • 06 November 2019 17:51
Palembang: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumatra Selatan Sumsel, Yusnin memastikan tidak ada desa fiktif di Sumsel yang aktif menerima program dana desa. Pihaknya menjamin dana desa yang diterima tepat sasaran.
 
"Saya menjamin di Sumsel yang terima dana desa itu semuanya memang nyata adanya dan sudah tepat sasaran," kata Yusnin, Rabu, 6 November 2019.
 
Yusnin mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel terus mengawasi 2.853 desa di 14 kabupaten/kota yang menerima dana desa agar tepat sasaran. Dia mengungkap tahun ini, dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat untuk desa di Sumsel mencapai Rp2,6 triliun dan meningkat jadi Rp2,7 triliun untuk 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dana desa digunakan untuk pemenuhan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan lainnya yang ada di desa. Tahun depan rencananya dana desa akan digunakan untuk pengembangan desa wisata," tegasnya.
 
Kabid Humas Pokda Sumsel Kombes Supriadi mengatakan pihaknya belum mendapat laporan mengenai desa fiktif di Sumsel. Pihak kepolisian memastikan bakal mengusut, bila menemukan adanya aliram dana ke desa fiktif.
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut banyak desa fiktif bermunculan akibat besarnya alokasi dana desa dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Realisasi dana desa mencapai Rp42,2 triliun atau mencapai 62,9 persen hingga 30 September 2019.
 
"Kami mendengar ada transfer yang ajaib dari APBN dan muncul desa-desa baru yang tidak berpenghuni karena melihat jumlah dana yang ditransfer setiap tahunnya," ujar Ani sapaannya dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, 4 November 2019.
 
Ani menjelaskan informasi tersebut bersumber dari Kementerian Dalam Negeri. Terdapat beberapa desa baru tak berpenghuni yang mendapat aliran dana desa.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif