Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Anggaran Mitigasi Bencana Jawa Tengah Rp23 Miliar

Nasional banjir tanah longsor
Mustholih • 30 Oktober 2019 13:29
Semarang: Musim hujan di Jawa Tengah diperkirakan jatuh pada awal November 2019. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah pun mengalokasikan anggaran senilai Rp23 miliar sebagai dana siaga bencana.
 
"Anggaran itu digunakan untuk mitigasi bencana di musim hujan. Diambil dari dana bantuan tak terduga Gubernur Jateng tahun anggaran 2019," kata Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Sudaryanto mengatakan potensi yang bencana yang perlu diwaspadai seiring musim hujan di Jawa Tengah di antaranya, banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini beberapa wilayah sudah masuk musim pancaroba. Jadi perlu diwaspadai cuaca ekstrem seperti angin kencang, petir, dan curah hujan tinggi dalam waktu singkat," jelas dia.
 
Ia membeberkan, dampak peralihan musim kemarau menuju hujan atau pancaroba telah mengakibatkan 126 rumah di 82 desa di Jateng mengalami rusak berat akibat terjangan puting beliung. Desa-desa itu tersebar di Wonosobo, Brebes, Magelang, Boyolali, Tegal, Banjarnegara, Batang, Karanganyar, dan Wonogiri.
 
Menurut Sudaryanto, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota se-Jateng. Guna menyiapkan diri menghadapi musim hujan.
 
"BPBD setempat diminta memperbarui inventarisasi data rawan bencana banjir dan tanah longsor," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif