Sampah rumah tangga turut mencemari sungai Bengawan Solo. MI/Ferdinand
Sampah rumah tangga turut mencemari sungai Bengawan Solo. MI/Ferdinand

KLHK Diminta Sanksi Tegas Pencemar Bengawan Solo

Nasional pencemaran sungai
Amaluddin • 04 Desember 2019 20:37
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menindak tegas pelaku pencemaran Sungai Bengawan Solo. Sanksi tegas ini agar tidak ada lagi pembuangan limbah ke sungai terpanjang di Jawa tersebut.
 
"Kami berharap yang melakukan pelanggaran, membuang limbah secara tidak bertanggung jawab, seyogyanya mendapatkan peringatan dan sanksi tegas," kata Khofifah di Surabaya, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Khofifah menduga air Sungai Bengawan Solo tercemar karena ada pembuangan limbah tekstil dari perusahaan di Jawa Tengah. Hingga sejumlah daerah di Jatim yang dialiri sungai ikut tercemar, menyebabkan air berwarna keruh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada indikasi warna merah tua air Bengawan Solo itu, kemungkinan dihasilkan dari limbah tekstil dan limbah pewarna batik. Sehingga berubah warna merah tua," jelas Khofifah.
 
Mengetahui hal itu, Pemprov Jatim mengambil beberapa sampel air Sungai Bengawan Solo di Tuban, Bojonegoro, dan Ngawi. Langkah ini untuk memastikan apakah perubahan warna Bengawan Solo itu tercemar limbah tekstil atau bukan.
 
"Insyaallah 4 Desember ini akan diketahui hasil penelitiannya," ungkap Khofifah.
 
Menurut Khofifah Pemprov Jatim sudah berkoodinasi dengan Pemprov Jateng terkait masalah Bengawan Solo ini. Bahkan Khofifah mengaku sudah bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk membahas pencemaran tersebut.
 
"Saya sudah koordinasi dengan pak Ganjar Pranowo untuk mencari solusinya, dan membahas kewaspadaan secara lebih signifikan bagaimana menjaga baku mutu air di sungai Bengawan Solo," pungkas mantan Menteri Sosial (Mensos) tersebut.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif