NEWSTICKER
 Wisatawan menikmati pemandangan Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu. (ANT/RAISAN AL FARISI)
Wisatawan menikmati pemandangan Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu. (ANT/RAISAN AL FARISI)

Wisatawan Asing Nekat Kunjungi Tangkuban Parahu

Nasional erupsi gunung
Depi Gunawan • 08 Agustus 2019 15:25
Lembang: Gunung Tangkuban Parahu masih mengalami erupsi dan berstatus level II atau waspada. Namun sejumlah wisatawan masih nekat mengunjungi objek wisata alam itu.
 
Wisatawan asal Australia, Tim, mengaku penasaran dan ingin melihat langsung kondisi Tangkuban Parahu yang sedang erupsi. Kabar erupsi Gunung Tangkuban Parahu diketahui dari berita televisi.
 
"Saya bersama teman dan pacar ingin ke atas, tetapi dilarang mendekati kawah oleh petugas karena kondisinya masih berbahaya," kata Tim di pos pengamatan Gunung Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 8 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim berharap bisa memasuki kawasan terlarang. Tapi dia mengalah setelah diberi penjelasan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) perihal kondisi Tangkuban Parahu masih berbahaya.
 
Walhasil, Tim beserta temannya hanya bisa melihat kawah Tangkuban Parahu yang sedang erupsi melalui kamera pengawas di pos pengamatan, yang berjarak 2,5 kilometer dari kawah. Tim tidak terlampau kecewa lantaran telah menelan banyak informasi soal kondisi Tangkuban Parahu.
 
"Sekarang saya ke bawah lagi, mau lihat spring," ucap Tim.
 
Wisatawan Asing Nekat Kunjungi Tangkuban Parahu
Wisatawan asing yang hendak berkunjung ke Gunung Tangkuban Parahu tertahan di pos pengamatan. (MI/Depi Gunawan)
 
Ketua tim pascabencana, Kristianto, menerangkan Gunung Tangkuban Parahu masih dalam status level II atau waspada. Pengunjung dan pendaki diimbau tidak mendekati puncak dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif.
 
"Belum ada perubahan signifikan, masih sama dengan kemarin. Di mana dari hasil pemantauan visual maupun kegempaan, aktivitas didominasi gempa tremor," ungkap Kristianto.
 
Itu artinya, lanjut dia, mengindikasikan bahwa Tangkuban Parahu masih terjadi erupsi. Dia menerangkan dari pantauan kamera pengawas, hembusan asap erupsi mencapai 200 meter dari dasar kawah.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif