Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Dua Penumpang KLM Garuda Jaya Ditemukan Selamat

Nasional kapal tenggelam
M Taufan SP Bustan • 28 Agustus 2019 18:04
Jakarta: Dua dari sembilan korban yang hilang pascakebocoran dan tenggelamnya Kapal Layar Motor (KLM) Garuda Jaya di perairan Pulau Taliabu, Maluku Utara, ditemukan selamat, Rabu, 28 Agustus 2019.Proses evakuasi telah dilakukan tim SAR.
 
Kepala Kantor SAR Palu Basrano mengatakan, kedua korban bernama Jemin NM Botutihe, 28, dan Ajis Abdullah, 40. Mereka ditemukan di perairan Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah.
 
“Saat ini kami sudah bersama kedua korban. Mereka selamat dengan kondisi lemas,” terangnya, Rabu, 28 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Basrano, penemuan kedua korban berdasarkan informasi dari Kapal Motor (KM) Citra Bahari yang diteruskan oleh KM Manalagi 01 melalui radio, bahwa ditemukan dua korban KLM Garuda Jaya. Dari informasi itu, evakuasi langsung dilakukan tim SAR yang tengah melakukan operasi di lapangan.
 
“Setelah dicek kebenarannya, tim kemudian langsung mengevakuasi kedua korban ke kapal SAR untuk dibawa ke Pelabuhan Luwuk, Banggai,” ungkapnya.
 
Basrano menambahkan, sesampainya di Pelabuhan Luwuk, kedua korban akan diserahkan ke pemerintah setempat untuk ditindaklanjuti.
 
“Yang pasti mereka akan menjalani perawatan dulu di Luwuk, selanjutnya urusan pemerintah di sana,” tegasnya.
 
Basrano menambahkan masih ada tujuh orang penumpang KLM Garuda Jaya yang belum ditemukan. Tim SAR akan melanjutkan operasi pada Kamis, 29 Agustus 2019.
 
“Operasi hari ini dihentikan dulu, besok kita lanjutkan lagi,” tandas Basrano.
 
KLM Garuda Jaya sebelumnya diketahui mengangkut 14 orang termasuk anak buah kapal dan nakhoda. Kapal itu berlayar dari Pelabuhan Lalong Luwuk, Kabupaten Banggai, dengan tujuan Pelabuhan Tikong Taliabu, Maluku Utara, pada Kamis, 22 Agustus 2019, pukul 21.00 WITA.
 
Perkiraan tiba kapal tersebut seharusnya pukul 15.00 WITA keesokan harinya. Namun, hingga pukul 23.00 WITA, kapal tak kunjung merapat dan diketahui mengalami kebocoran lalu tenggelam.
 
Dari 14 penumpang yang menjadi korban, lima orang telah ditemukan tim SAR pada Sabtu, 24 Agustus 2019. Mereka diantaranya nakhoda Ali Sadi, 36, Kasman, 62, Ali Kois, 39, La Bobi, 36, dan Ali Tama, 34.
 
Kelima korban selamat ditemukan pukul 11.00 WITA di Pulau Sonit, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Kepulauan. Dengan ditemukan dua lagi korban, total penumpang yang telah ditemukan tujuh orang, sedangkan tujuh korban lainnya masih dalam pencarian.
 
Berdasarkan data yang diterima dari kantor SAR Palu, ke tujuh korban yang belum ditemukan adalah Aladin Botutihe, 31; Moh Iksal Botutihe, 29; Irpan Piyohu, 40; Aris Abdullah, Masrun Ishak, 36; Ramin Abdullah, dan Tahir Kusuma. Ketujuh korban merupakan warga Gorontalo yang menumpangi KLM Garuda Jaya tujuan Pulau Taliabu untuk bekerja.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif